Berbagi Wawasan Kepada Calon Penerus Pengelola Kehati Indonesia

Rabu, 29 September 2021

Padang, 29 September 2021. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) mendapat kehormatan untuk berbagi pengalaman tentang Pengelolaan Kawasan Konservasi di Masa 4.0 kepada mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, pada mata kuliah Manajemen Kawasan Konservasi, Selasa (28/9).
 
Kepala Balai menjelaskan bahwa Indonesia memiliki Kawasan Konservasi yang sangat luas yakni 27 juta hektar dengan kekayaan keanekaragaman hayati yang tinggi namun jumlah personil yang sangat terbatas, aksesibilitas yang sulit dijangkau, tupoksi yang cukup banyak sehingga memerlukan inovasi dalam pengelolaannya, salah satunya dengan revolusi 4.0. dalam kesempatan tersebut disampaikan beberapa inovasi yang baik di dibuat oleh Unit Pengelola Teknis KSDAE maupun oleh masyarakat berupa aplikasi Burungnesia. Saat ini yang cukup urgent adalah adanya Big Data Kehati yang mengintegrasikan data kehati antar lembaga, universitas, masyarakat/ citizen scientist/ pemerhati dan penggiat, pemerintah daerah, lembaga penelitian, lembaga swadaya masyarakat baik nasional maupun internasional sehingga data tersebut dapat dijadikan alat penunjang yang valid dalam pengambilan keputusan salah satunya dalam keputusan penentuan tata ruang dari tingkat nasional hingga daerah. Dengan adanya wacana revisi UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Ekosistemnya semoga dapat memasukkan Big Data Kehati sebagai mandat yang harus terwujud. 
 
Dihadiri kurang lebih 77 orang melalui media online baik mahasiswa maupun berbagai kalangan, pesan moral yang disampaikan bahwa perlu inovasi untuk mengumpulkan data di lapangan sehingga dapat dijadikan pengambilan keputusan yang tepat dalam mengelola kawasan juga harus mengetahui kondisi real time kawasan konservasi. Mahasiswa diharapkan kedepannya menjadi bagian EARTH DEFENDER atau penjaga bumi sehingga kelestariannya dapat dirasakan oleh generasi yang akan datang.
 
Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini