Road to HKAN 2021: Pemeliharaan Tanaman di SM. Pulau Kaget

Pulau Kaget, 1 April 2021 – Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021 yang akan dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur pada bulan Agustus 2021, Balai KSDA Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan pemeliharaan tanaman di Suaka Margasatwa (SM) Pulau Kaget Desa Tabunganen Muara Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala pada Hari Kamis 1 April 2021. Lokasi kegiatan merupakan areal Kegiatan Padat Karya Penanaman Mangrove Tahun 2020 kerjasama antara Balai KSDA Kalimantan Selatan dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungan Dan Hutan Lindung Barito Banjarbaru yang pelaksanaanya dilakukan oleh Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Pulau Kaget Lestari” Desa Tabunganen Muara dengan luas 25 Ha dengan jenis tanaman Soneratia SP dan Rhizophora SP dengan jumlah tanaman 3.300 per hektar.

Dr. Mahrus mengingatkan  kepada anggota kelompok yang hadir, agar secara rutin sebulan  sekali secara bergiliran melakukan pengawasan dan pengecekan terhadap perkembangan pertumbuhan tanaman serta merawat dengan sebaik-baiknya agar tanaman  dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kehidupan liar yang ada di SM. Pulau Kaget.

2-2021-04-05 at 14.23.28

Sebagai informasi, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc hadir didampingi Kepala SKW II Banjarbaru M. Ridwan Effendi, S.Hut.,M.Si dan Kepala Resort SM. Pulau Kaget Ahmad Barkati serta perwakilan anggota Kelompok Pemberdayaan Masyarakat “Pulau Kaget Lestari” Desa Tabunganen Muara yang secara bersama-sama melaksanakan pemeliharaan areal tanaman berupa penyiangan dan penyulaman tanaman yang mati. Pada kesempatan tersebut Kepala Balai beserta seluruh pihak yang hadir melakukan penanaman Mangrove dan Rambai sebagai bagian dari upaya pemeliharaan serta pengkayaan tanaman. (ryn)

Sumber : Lisnaini - PEH SKW II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini