Perjumpaan Langsung Banteng di TN Meru Betiri

Selasa, 17 Oktober 2017

Sukamade, 12 Oktober 2017. Pada pukul 16.05 WIB Sulistrianto, Plt. Kepala Seksi PTN Wilayah I Sarongan  bersama beberapa petugas TNMB yang lain menjumpai secara langsung Banteng (Bos javanicus) di Blok Karetan, Resort Sukamade. Sekelompok Banteng ini tidak sengaja dijumpai pada saat melakukan kegiatan bimbingan, pengendalian, monitoring dan evaluasi di Resort Sukamade.

Sekelompok Banteng yang terdiri dari 2 ekor Banteng Jantan, 3 ekor Banteng Betina dan 1 ekor anakan dijumpai saat sedang makan. Keberadaan anakan Banteng menunjukkan adanya peningkatan populasi yang ditunjukkan dengan adanya kelahiran. Perlu diketahui bahwa data hasil monitoring populasi Banteng di TNMB tahun 2016 sebanyak 62 ekor.

Dengan perjumpaan langsung ini, diharapkan data populasi Banteng sebagai salah satu satwa prioritas di TN Meru Betiri mengalami peningkatan, sesuai dengan SK Dirjen KSDAE Nomor: SK.180/IV-KKH/2015 tanggal 30 Juni 2015 tentang penetapan dua puluh lima satwa terancam punah prioritas untuk ditingkatkan populasinya sebesar 10% pada tahun 2015 – 2019.

Sumber: BTN Meru Betiri

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini