BKSDA Kalteng Lakukan Penyelamatan Dua Individu Orangutan

Palangkaraya, 1 Februari 2021. Hari Minggu tanggal 31 Januari 2021, Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun Balai KSDA Kalimantan Tengah bersama Orangutan Foundation International (OFI) telah melakukan penyelamatan 2 individu Orangutan. Lokasi penyelamatan tepatnya berada di Desa Baamang Barat, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kedua individu orangutan merupakan induk dan anaknya yang berada di kebun karet. Induk betina diperkirakan berumur 20 tahun dan berat 26 kg. Sedangkan anaknya masih berumur 10 bulan dengan berat 3 kg.   

Saat ini, kedua individu Orangutan tersebut berada di kandang transit SKW II Pangkalan Bun untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Apabila dalam kondisi sehat maka Orangutan tersebut akan dilakukan pelepasliaran di habitatnya. Pelepasliaran direncanakan di Suaka Margasatwa Lamandau yang sesuai dengan habitat alaminya.

Balai KSDA Kalimantan Tengah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atau semua pihak yang telah melaporkan tentang info keberadaan Orangutan yang perlu diselamatkan dan kepada tim medis OFI yang telah mendukung upaya penyelamatan satwa yang berstatus terancam kritis (Critically endangered) ini. Laporan keberadaan satwa liar khususnya yang perlu diselamatkan dan berkonflik dengan masyarakat dapat menghubungi Call Center kami (08115218500). Semoga kepedulian kita semakin meningkat terhadap satwa liar di Kalimantan Tengah.

Sumber : Agnes Indra Mahanani—Balai KSDA Kalimantan Tengah

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini