Pelepasliaran Bekantan Road to HKAN 2020

Barito Kuala, 29 Juli 2020 – Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2020, Balai KSDA Kalimantan Selatan telah dan terus melakukan rangkaian kegiatan yang dimulai sejak bulan April 2020. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan hari Rabu 29 Juli 2020 adalah pelepasliaran 1 ekor satwa dilindungi jenis Bekantan di TWA Pulau Bakut, dimana Bekantan tersebut merupakan satwa sitaan Ditkrimsus Polda Kalimantan Selatan dari perdagangan satwa  ilegal. Hari Konservasi Alam Nasional  yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus, merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup yang ada di Indonesia. Hari Konservasi Alam Nasional, atau yang biasa disingkat HKAN memiliki tujuan untuk mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat, mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam.

Pelepasliaran Bekantan di TWA Pulau Bakut dilaksanakan oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc didampingi Kepala Resort TWA Pulau Bakut Imam Riyanto, S.Hut dan seluruh anggota Resort. Dipilihnya TWA Pulau Bakut sebagai salah satu  lokasi dalam rangkaian peringatan HKAN Tahun 2020 karena TWA Pulau Bakut merupakan habitat Bekantan serta merupakan lokasi Role Model Balai KSDA Kalimantan Selatan yang mengusung tema “Pengembangan Wisata Alam dan Santuari Bekantan Riparian Berbasis Masyarakat”.  Tujuan role model ini adalah mengoptimalkan fungsi kawasan konservasi TWA Pulau Bakut sebagai taman wisata yang dapat memberikan manfaat ekologi, ekonomi, dan sosial terhadap masyarakat sekitar. Tujuan lainnya adalah meningkatkan peran serta dan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan.

Dr. Mahrus berharap agar Bekantan yang dilepasliarkan tumbuh sehat dan berkembang biak dengan baik sehingga dapat menambah jumlah populasi Bekantan yang ada saat ini dan dapat memberikan manfaat untuk pendidikan konservasi dan kegiatan ekowisata. (ryn)

Sumber : Imam Riyanto, S.Hut - Kepala Resort Taman Wisata Aalam Pulau Bakut Balai KSDA Kalimantan Selatan

 

 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini