Perangi Sampah Plastik Mulai dari Kesadaran Diri Sendiri.

Gilimanuk, 17 September 2019. Indonesia adalah negara penyumbang sampah plastik ke laut terbanyak kedua di dunia setelah China (sumber: liputan6.com 15/7/2019). Bahkan untuk kawasan TN Bali Barat dari data rekapitulasi Balai TNBB, sampai bulan Agustus 2019 tercatat lebih dari 61.000 kg sampah yg diangkut terdiri sampah dari kunjungan wisata mencapai 10.000 kg, sampah kiriman laut 45.000 kg dan sisanya sampah yg diangkut dari kegiatan aksi bersih2 di kawasan.  Pernah terbayang bagaimana sampah yang terbuang sampai ke laut atau berserakan di hutan?

Sampah terbawa atau terbuang sampai ke laut salah satunya karena tidak terkelola dengan baik di daratan. Besarnya volume sampah berasal dari aktivitas kita semua. Banyak hal sederhana yang kita lakukan ternyata menyumbang dampak terhadap lingkungan lho.

Kepala Balai TN Bali Barat, Drh. Agus Ngurah Krisna K, M.Si selalu mengingatkan untk melakukan kegiatan perubahan yg nyata, kita ubah kebiasaan kita, kurangi penggunaan kemasan produk sekali pakai agar bisa mengurangi produksi sampah harian kita. Mari belajar cintai lingkungan, berperilaku bijak dalam bertindak, dan hindari aktivitas-aktivitas yang bisa memberi dampak buruk bagi lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan produk dengan bahan plastik.

Kelihatannya sederhana kan ?

Yuk mulai dari diri sendiri sekarang !

Salam konservasi.

 Sumber: Balai Taman Nasional Bali Barat

#balibarat

#uselessplastic

#saveindonesianocean

#indonesiabebassampah

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini