Deklarasi Desa Ramah Burung TN Aketajawe Lolobata di Puncak HUT ke 74 RI

Akejawi, 17 Agustus 2019. Bertempat di Bendungan Ekor Desa Ake Jawi di Resort Ake Jawi Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Subaim Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) merupakan salah satu saksi tempat berkibarnya sang Saka Merah Putih dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 74 tahun. Dalam peringatan Hari Kemerdekaan ini menjadi berbeda dari sebelumnya karena Taman Nasional Aketajawe Lolobata kali ini memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke 74th bersama masyarakat Desa Ake Jawi, pelajar SMP 10 Wasile, pelajar SMK N 2 Halmahera Timur, KPA Rimpal dan kelompok wisata binaan Balai TNAL.

Upacara berlangsung sangat hikmat dengan pembacaan pidato Presiden Joko Widodo oleh Inspektur Upacara. Selepas Upacara Bendera dalam peringatan hari Kemerdekaan RI yang ke 74th dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi Desa Ramah Burung oleh Kepala Desa Ake Jawi di depan staff desa dan disaksikan oleh seluruh peserta upacara. Naskah deklarasi tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Balai TN Aketajawe Lolobata sebagai tanda dukungan Desa Ake Jawi dalam pengelolaan kelestarian fauna khususnya burung-burung di kawasan TN Aketajawe Lolobata.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba fotografi dan penyerahan hadiah lomba foto satwa liar tingkat pelajar. Lomba foto tersebut dilaksanakan dalam rangka HKAN dan Peringatan HUT RI ke-74. Lomba foto tersebut memperebutkan piala Kepala SPTN Wilayah III Subaim yang disponsori oleh Kelompok Pemerhati Burung Ake Jawi Birdwatcher Community (AJBC) dan PT Antam Tbk.

Dalam Kegiatan ini sebagai wujud aktualisasi kampanye cinta lingkungan dengan mengurangi botol plastik, pihak Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata membagikan tumbler kepada peserta upacara. “Inilah cara kami memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74. Tetap merayakan di rumah kami, sederhana namun tetap menunjukan nasionalisme sebagai Rimbawan” kata Bapak Opan selaku staff TN Aketajawe Lolobata.

Sumber : Nur Indah Apriliyani, CPNS Calon Polhut TN Aketajawe Lolobata

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini