Ekspose Hasil Monitoring Spesies Terancam Punah Prioritas di TN Matalawa

Kamis, 19 November 2020

Waingapu, 16 November 2020. Kakatua jambul jingga dan Julang Sumba merupakan satwa yang menjadi ikon Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa). Kedua satwa ini juga dijadikan sebagai bagian dari 25 satwa yang dimasukkan dalam golongan terancam punah prioritas sesuai Keputusan Direktur Jenderal KSDAE nomor 180 tahun 2015. Populasi jenis satwa ini dilaporkan secara periodik dan diharapkan mengalami kenaikan populasi sebesar 10 % setiap tahunnya.

Sesuai mandat keputusan tersebut, TN Matalawa secara rutin melakukan monitoring dan mencatat jumlah populasi burung Kakatua jambul jingga dan Julang Sumba di dalam kawasan TN. Monitoring dilakukan sebanyak 3 kali dalam 1 tahun yang dilakukan per 4 bulan sejak tahun 2015 hingga tahun 2019.

Hasil monitoring yang telah dilakukan selama 5 tahun menunjukkan bahwa populasi kedua burung ini mengalami tren peningkatan, yakni Kakatua bertambah 88 ekor menjadi 154 ekor dan Julang Sumba bertambah 72 ekor menjadi 103. Hal inilah yang menjadi paparan utama Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, dalam Ekspose Kakatua dan Julang Sumba yang diadakan senin lalu secara virtual. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, drh. Indra Eksploitasia, M.S.i serta dihadiri oleh lebih dari 150 peserta. Narasumber lain dalam kegiatan ini antara lain:

  1. Profesor Ani Mardiastuti (Ahli Ekologi dan Manajemen Satwa Liar) dengan paparan Strategi Konservasi Satwa Terancam Punah
  2. Irdika Mansur (Direktur SEAMEO Biotrop) dengan paparan Pemanfaatan Mikoriza untuk Pengembangan Pohon Pakan
  3. Oki Hidayat, M.Bio (peneliti Balitbang LHK Kupang) dengan paparan Strategi Konservasi Burung Kakatua dan Julang Sumba
  4. Yohanis B. Djarawai (Burung Indonesia Program Sumba) dengan paparan Hasil Kajian Keanekaragaman Hayati Burung Indonesia Program Sumba.

Kegiatan eskpose berlangsung dengan lancar disertai dengan diskusi-diskusi konstruktif bagi pengembangan populasi kedua jenis burung ini dan secara umum seluruh satwa di TN Matalawa.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Materi ekspose dapat diunduh pada tautan berikut: https://bit.ly/materiWebinarMATALAWA

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini