Taman nasional Bukit Baka Bukit Raya Gandeng Saka Wanabakti Sintang Kelola Sampah

Kamis, 27 Februari 2020

Sintang, 27 Februari 2020 - Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) memberikan perhatian besar pada upaya penurunan volume sampah di Kabupaten Sintang. Penerapan prinsip 3R (Reduce, Reuse & Recycle) berupaya terus diwariskan pada generasi muda binaan BTNBBBR terutama pada Saka Wanabakti. Kebiasaan membawa botol minuman reusable juga dipersyaratkan dalam setiap pelaksanaan event pelatihan dan agenda Saka Wanabakti Cabang Sintang. Secara perlahan namun pasti pola hidup minim sampah sudah dapat diimplementasikan dengan baik di kalangan generasi muda binaan BTNBBBR tersebut.

Pada Bulan Februari 2020 BTNBBBR bersama Satuan Karya Pramuka Wanabakti (Saka Wanabakti) menggelar lomba daur ulang sampah dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020. Lomba daur ulang sampah dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah yang dihasilkan baik oleh rumah tangga maupun sampah dari aktifitas masyarakat di Kabupaten Sintang dan sekitarnya. Lomba daur ulang sampah diharapkan dapat mengawinkan upaya-upaya pemanfaatan sampah dengan kreatifitas generasi millennial untuk menciptakan kreasi-kreasi baru yang dapat dimanfaatkan secara optimal. Upaya daur ulang sampah oleh Saka Wanabakti dilakukan dengan memanfaatkan sampah dan bahan tidak bermanfaat lainnya untuk dioleh menjadi produk yang bermanfaat.

Lomba diikuti oleh seluruh anggota Saka Wanabakti Cabang Sintang, baik secara individu maupun secara berkelompok beranggotakan dua orang. Beberapa kreasi yang berhasil diciptakan oleh peserta lomba di antaranya adalah ikat pinggang dari ban bekas, dispenser mini dari gallon bekas, soft pouch dari kain perca, anyaman tikar dari sedotan plastic dan berbagai hasil olahan yang cukup inovatif dari bermanfaat. Kegiatan lomba dibuka sampai dengan 29 Februari 2020 dan pengumuman pemenang akan disampaikan pada 9 Maret 2020.

#pedulisampah

#HPSN2020

#pramuka

#sakawanabakti

 

Sumber : Helmy Adhi Kusuma, S.Hut., ME. - Balai TN Bukit Baka Bukit Raya

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini