Taman Nasional Aketajawe Lolobata dan Burung Indonesia Ajak Siswa Sekolah Pahami Burung Dilindungi

Kamis, 27 Februari 2020

Kosa, 22 Februari 2020 - Kampanye lingkungan kembali dilaksanakan oleh Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Weda di SMP 25 Kota Tidore Kepulauan. Sebanyak 35 orang siswa yang terdiri dari kelas 7, 8 dan kelas 9 mengikuti kegiatan ini. Narasumber kegiatan ini berasal dari Burung Indonesia dan petugas Resort Tayawi, Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL).

Acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMP 25 Kota Tidore Kepulauan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Bapak Affan dari Burung Indonesia. Materi yang disampaikan tentang hutan dan peran burung dalam ekosistem. Selanjutnya, penyampaian materi kedua oleh Tim Resort Tayawi tentang kawasan TNAL dan satwa-satwa (burung) dan beserta keanekaragaman lain yang ada di dalamnya.

  

Untuk lebih memberi pemahaman kepada siswa penyampaian materi dilanjutkan melalui media audiovisual dengan pemutaran film pendek tentang TNAL dan pemutaran Lagu Aketajawe Se Lolobata. Tak lupa, Buku "Rimba Halmahera" juga diberikan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan yang telah diberikan.

Pihak sekolah sangat antusias dalam kampanye/sosialisasi yang telah diadakan sehingga diupayakan kedepannya dapat dilakukan sosialisasi kembali dengan materi yang berbeda. Diharapkan dengan adanya kampanye lingkungan ini siswa dapat memahami materi yang disampaikan sehingga generasi muda dapat menjaga dan turut serta melindungi kekayaan sumber daya alam di Maluku Utara.

Rencananya kedepan Burung Indonesia dan Taman Nasional Aketajawe Lolobata akan rutin melaksanakan kegiatan kampanye lingkungan ini di desa-desa penyangga kawasan Taman Nasional.

Selain kampanye di wilayah SPTN I Weda, kampanye lingkungan juga dilaksanakan di SPTN II Maba dan SPTN III Subaim. Kampanye ini ditujukan agar anak-anak di usia dini dapat lebih mengenal pentingnya menjaga lingkungan. Kepala Balai TNAL sangat memgapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh petugas Resort.

Sumber: Yoyon Arifta S.Si dan Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut (PEH Pertama) Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini