Patroli Pengamanan Kawasan Resor Tawui dan Wanggameti TN Matalawa

Selasa, 25 Februari 2020

Matawai Lapau, 24 Februari 2020. Dalam rangka meningkatkan upaya pengamanan dan perlindungan terhadap kawasan konservasi, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) terus menggalakkan kegiatan patroli bersama masyarakat. Pada waktu yang bersamaan yaitu tanggal 18 s.d. 21 Februari 2020, petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Matawai Lapau melakukan patroli di dua lokasi yang berbeda, yaitu blok hutan Pahulu Bandil (Resor Wanggameti) dan blok hutan Laiwangi (Resor Tawui). Dalam pelaksanaannya tidak hanya melibatkan unsur jabatan fungsional Polisi Kehutanan, namun juga melibatkan rekan-rekan PEH dan Penyuluh Kehutanan serta masyarakat di sekitar kawasan TN Matalawa.

Seperti diutarakan Sdr. Vivery Okthalamo, S.Hut (Kepala SPTN Wilayah III Matawai Lapau), pelaksanaan patroli diharapkan tidak hanya menghasilkan output terjaga dan terlindunginya kawasan hutan. Namun, lebih jauh beliau mengharapkan petugas dan masyarakat dapat lebih mengenali dan mengetahui potensi-potensi yang ada di dalam kawasan TN Matalawa, sehingga data-data terkait potensi di dalam kawasan hutan juga dapat tergali dan terdokumentasikan dengan baik sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan pengelola kawasan. Dengan turut sertanya masyarakat dalam kegiatan patroli ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kelestarian terhadap potensi-potensi yang dimiliki oleh kawasan konservasi di Pulau Sumba ini.

Beberapa potensi yang dijumpai selama pelaksanaan patroli diantaranya burung Cikukua Tanduk (Philemon buceroides), Julang Sumba (Rhyticeros everetti), Kakatua Jambul Jingga (Cacatua sulphurea citrinocristata), elang bondol (Haliastur indus), Nuri Perkici Orange (Trichoglossus capistratus) serta beberapa jenis tumbuhan bernilai budaya dan ekonomi tinggi. Sedangkan gangguan dan permasalahan tidak dijumpai selama patroli dilaksanakan yang terjadi didalam Kawasan TN Matalawa. Diharapkan upaya pengamanan dan perlindungan melalui kegiatan patroli dapat terus ditingkatkan sehingga angka gangguan dan ancaman terhadap kawasan TN Matalawa dapat diminimalisir.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini