Peringatan HPSN 2020 di Gunung Wanggameti

Senin, 24 Februari 2020

Wanggameti, 22 Februari 2020. Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari merupakan momentum bagi masyarakat luas untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah sampah. Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) juga mengajak masyarakat turut serta dalam membangun kesadaran dan memelihara momentum HPSN ini dengan kegiatan bersih sampah dan penanaman.

Kegiatan HPSN di TN Matalawa dilakukan di sekitar Gunung Wanggameti dengan terlebih dahulu melakukan penanaman di lereng gunung yang berbatasan dengan Desa Katikuwai. Hadir dalam kegiatan ini seluruh petugas dari Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Matawai Lapau, Sekretaris Camat, Kepala Desa Wanggameti dan Katikuwai, Babinsa dan Babinkamtibmas, serta siswa SMP Satu Atap Langira yang letaknya tidak jauh dari lokasi penanaman. Sebanyak 300 bibit yang terdiri dari bibit pinang, kadimbil, langaha, dan asam, habis ditanam oleh para peserta yang hadir.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembersihan di sekitar shelter jalur pendakian Gunung Wanggameti oleh para siswa SMP dan para petugas TN Matalawa. Tumpukan sampah yang ditemukan cukup banyak karena shelter ini terletak di pinggir jalan utama transportasi yang dijadikan tempat beristirahat para pengendara motor. Sebelum memulai pembersihan, anak-anak SMP diberikan sosialisasi tentang pentingnya kesadaran menjaga lingkungan dari sampah plastik. Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman pentingnya keberadaan kawasan Taman Nasional Matalawa bagi sumber kehidupan masyarakat.

Sumber: Balai Taman Nasional Matalawa

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini