Cegah Karhut di Kawasan TN Tesso Nilo Dengan Patroli SMART RBM

Senin, 17 Februari 2020

Baserah, 11 - 14 Februari 2020. Petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah Resort Tesso Situgal Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) kembali melaksanakan kegiatan pencegahan kebakaran kawasan hutan konservasi. Pada kesempatan kali ini tim petugas melaksanakan kegiatan dengan sosialisasi pencegahan karlahut kepada masyarakat dalam rangka patroli SMART RBM di daerah Resort Tesso Situgal. Sosialisasi dan patroli dilaksanakan bersama dengan Bhabinkantibmas Desa Segati, Polsek Langgam, Polres Pelalawan. Kegiatan dilaksanakan di KM. 90 s.d 94 yang secara administrasi masuk kedalam Desa Segati Kec. Langgam SPTN Wilayah II Baserah Resort Tesso Situgal.

Giat diawali dengan berkordinasi dengan pihak Polsek Langgam untuk bersama-sama melakukan patroli serta sosialisasi pencegahan karlahut di dalam kawasan TN Tesso Nilo. Dalam kegiatan tim membagikan selebaran/himbauan Gubernur Riau dan himbauan Kapolda Riau tentang pencegahan dan penanggulangan karlahut serta larangan membakar lahan dan hutan.

Dari keterangan tim, tim bersama dengan Bhabinkamtibmas Desa Segati Bripka Rambe menghimbau kepada masyarakat untuk terus bersama-sama menanggulangi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin dengan selalu terus berkomunikasi kepada para petugas bila terjadi kebakaran diwilayah hukum polsek langgam dan sekitarnya.

Kepala Balai TN Tesso Nilo Bapak Ir. Halasan Tulus menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada petugas yang terus melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan karlahut, sesuai pernyataan beliau, “sosialisasi kepada masyarakat bagi petugas adalah upaya penting yang merupakan pendekatan langsung dari petugas TN Tesso Nilo untuk mengajak masyarakat sama-sama ikut menjaga kawasan hutan, diharapkan dengan dilaksanakannya sosialisasi seperti ini kesadaran masyarakat akan semakin besar mengenai pencegahan dan penanggulangan karlahut” ungkap Kepala Balai TN Tesso Nilo.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini