Pelepasliaran Anak Penyu, Resor Jinato Libatkan Warga Sekitar

Rabu, 29 Januari 2020

Resor Jinato, Taman Nasional Taka Bonerate, 29 Januari 2020. Depan pos jaga Resor Jinato ramai dipadati warga, mulai anak kecil hingga orang dewasa karena di sekitar Pantai Timur depan pos Resor Jinato akan dilaksanakan pelepasan/rilis anakan penyu (tukik) jenis Penyu Hijau ke laut sebanyak 74 ekor (27/1). Tukik ini hasil penetasan semi alami terhadap telur yang ditemukan oleh warga, Hasse dan petugas Resor Jinato. Kegiatan yang difasilitasi oleh pejabat fungsional Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Jinato ini dihadiri Kepala Desa Jinato, Ketua BPD Jinato, anggota Polairud Pos Bira, MDK, MMP, Karang Taruna, guru dan siswa SMP & SD Jinato, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat Jinato sendiri.

Sebelum memasuki kegiatan inti, yakni pelepasliaran, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi dan penjelasan singkat tentang giat rilis penyu oleh PEH Resort Jinato Sunadi Buki, didampingi oleh Hendra Mustajab dan Andi Resky Mutmainnah. Seperti diketahui bersama penyu ini merupakan salah satu biota laut yang dilindungi. Dan sudah seharusnya kita bisa bahu membahu menjaga dan melindungi sehingga populasi penyu tetap lestari.

Komandan Tim Polairud Pos Bira turut memberikan arahan yang intinya menjaga dan melestarikan biota laut yang salah satunya penyu, bukan saja tanggung jawab Balai TN Taka Bonerate atau petugas resor dan Polairud saja, tetapi kita semua bersama melestarikannya.

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate
Dok. Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini