Anjangsana Menjadi Kegiatan Menyenangkan Bagi Petugas Resort di Balai TNAL

Selasa, 28 Januari 2020

Sofifi, 28 Januari 2020. Dalam bulan Januari 2020 ini tercatat lebih dari 12 kali petugas resort pada masing-masing Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) di Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) melakukan anjangsana. Anjangsana atau kunjungan tidak hanya dilakukan di desa-desa sekitar kawasan taman nasional, tetapi juga dilakukan di LSM ataupun instansi terkait seperti kecamatan dan sekolah. Sampai dengan minggu terakhir bulan Januari 2020, masing-masing petugas resort masih melakukan kunjungan ke desa-desa setempat untuk berkoordinasi.

Pada Resort Ake Jira telah melakukan kampanye lingkungan di sekolah dan anjangsana di Desa Woekob, Halmahera Tengah untuk melakukan sosialisasi Kebun Bibit Rakyat (KBR). Sedangkan Resort Tayawi sedang mengembangkan potensi wisata bersama kelompok binaannya dan membangun mikrohidro untuk masyarakat suku Togutil. Resort Akejira dan Resort Tayawi berada di bawah SPTN Wilayah I Weda.

Resort Buli dan Resort Wasileo yang berada di wilayah SPTN II Maba juga melakukan sosialisasi KBR, kunjungan ke desa dan kampanye lingkungan di sekolah. Selain itu juga akan melakukan pembukaan kembali rumah baca di Dusun Waisumo, Halmahera Timur bersama masyarakat dan LSM Wahana Visi Indonesia.

Kegiatan pada Resort Ake Jawi diantaranya adalah anjangsana di kelompok wisata dan tokoh pemuda dan membuat beberapa titik pengamatan burung untuk wisata birdwatching. Sedangkan di Resort Lolobata telah melakukan sosialisasi KBR, kampanye lingkungan di rumah baca dan koordinasi dengan Kecamatan Wasile Tengah. Kedua resort ini berada di wilayah kerja SPTN III Subaim.

Kepala Balai TNAL sangat mengapresiasi setiap kegiatan yang telah dilakukan oleh petugas resort. Hal ini dapat di lihat dari tanggapan Kepala Balai saat membaca laporan petugas resort di grup whatsapp. Kepala Balai juga langsung memberikan arahan kepada masing-masing resort.

Sumber: Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini