Kelompok Binaan Balai TN Berbak & Sembilang Terima Bantuan Revitalisasi Ekonomi dari BRG

Rabu, 22 Januari 2020

Jambi, 22 Januari 2020 – Salah satu kegiatan yang dilakukan Badan Restorasi Gambut (BRG) dalam memperbaiki gambut Taman Nasional (TN) Berbak adalah revitalisasi ekonomi masyarakat desa sekitar kawasan melalui pemberian bantuan ekonomi produktif. Terdapat tiga desa sekitar TN Berbak yang mendapat bantuan dari BRG, salah satunya adalah Desa Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang posisinya berada di sebelah timur kawasan TN.

Di desa tersebut terdapat dua kelompok binaan Balai Taman Nasional Berbak & Sembilang yang mendapat bantuan, yaitu Kelompok PKK Kemuning yang mendapat bantuan peralatan produksi air minum isi ulang dan Kelompok Karya Anak Desa yang mendapat bantuan peralatan pembuat kerajinan tangan berupa mesin ukir dan grafir. Serah terima bantuan dilakukan pada hari Senin, 20 Januari 2020 yang lalu di halaman bangunan depot air minum isi ulang. Hadir dalam acara tersebut Kepala Balai, Kepala Sub Pokja BRG Provinsi Jambi, Kepala SPTNWI, Camat Berbak, Lurah Simpang, ketua kelompok yang mendapat bantuan.

Dalam sambutannya Kepala Subpokja BRG Provinsi Jambi Zulfikar Ali, SH, M,Si menyampaikan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam memperbaiki Gambut di TN Berbak dan desa sekitarnya mencakup pembuatan sumur bor, sekat kanal dan bantuan ekonomi produktif.

Dalam arahannya Kepala Balai TNBS menyampaikan agar kelembagaan kelompok diperkuat, meningkatkan ketrampilan dalam berusaha, tetap kompak, dan menerapkan prinsip transparansi dalam mengelola usahanya sehingga dapat berkelanjutan dan meningkatkan pendapatan anggota kelompok. Disamping itu juga menekankan agar Balai TNBS dan pihak kecamatan serta desa dapat berkerjasama dalam menjaga kelestarian kawasan TN dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam acara tersebut pihak TNBS juga menyerahkan Dokumen RPJP dan RPJPnTN kepada pihak Kecamatan. Sedangkan Camat Berbak, M Yani, SE menyampaikan terima kasih atas berbagai bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat dan mengharapkan kerjasama yang sudah baik dapat ditingkatkan dimasa mendatang serta akan mendukung program TN dalam melestarikan kawasan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Balai Taman Nasional Berbak & Sembilang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini