Disuguhi Hasil Kebun, Begini Silaturahmi Kepala Balai TNAL dengan Kepala BPTP Maluku Utara

Rabu, 22 Januari 2020

Sofifi, 22 Januari 2020 - Menjalin kerjasama dan melakukan koordinasi memang tidak semudah seperti yang tertuang. Demi mengengenalkan lebih baik lagi keberadaan dan peran Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), Kepala Balai TNAL akan bersilaturahmi ke para pihak. Diantaranya adalah berkunjung ke Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Maluku Utara.

Perjalanan sekitar 15 menit dari kantor balai akhirnya Kepala Balai TNAL dengan 2 (dua) stafnya disambut dengan hangat oleh Kepala BPTP Malut, Bram Brahmantiyo beserta beberapa stafnya. Setelah berjabat tangan dan berada di ruang Kepala Balai PTP, T. Heri Wibowo, Kepala Balai TNAL mulai memperkenalkan diri dan memperkenalkan Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Bram Brahmantiyo juga menyampaikan tugas BPTP beserta kegiatannya di Maluku Utara ini, diantaranya adalah pemberdayaan masyarkat, pendaftaran varietas asli Maluku Utara, dan seminar nasional. Selain itu, kedua instansi yang tergabung dalam Komda Sumber Daya Genetik (SDG) Maluku Utara ini juga sedikit berdiskusi tentang kegiatan Komda tersebut di tahun ini.

“Kami ada kegiatan Festival Aketajawe di bulan Oktober untuk mendukung Sail Tidore 2021 dengan mengundang beberapa Kelompok Tani Hutan, mungkin ada program dari BPTP yang dapat disinergikan dengan kegiatan tersebut”, ajak T. Heri Wibowo kepada Bram Brahmantiyo.

“Kami juga ada kegiatan Seminar Nasional, mungkin bisa disinergiakan juga di acara tersebut”, jawab Kepala BPTP yang penelitian tentang rusa dan kelinci ini.

Beberapa saat berdiskusi, datang seorang staf BPTP membawa hasil kebun berupa buah manga, buah naga merah, dan kelapa muda sebagai minumannya.

“Silahkan dinikmati hasil kebun kami di sini (kebun penelitian)”, kata Bram Brahmantiyo.

Sembari menyantap hidangan, keduanya (BTNAL dan BPTP) bersepakat untuk bekerjasama dalam pengelolaan sumber daya alam Maluku Utara bersama dengan pemerintah daerah.

 

Sumber: Akhmad David Kurnia Putra (Polhut) - Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini