Balai KSDA Yogyakarta Dampingi KTH Raket Manunggal Terima Kunjungan PIBI IKOPIN

Selasa, 21 Januari 2020

Yogyakarta, 16 Januari 2020 - Kelompok Tani Hutan (KTH) Raket Manunggal salah satu KTH binaan Balai KSDA Yogyakarta di Desa Penyangga SM Sermo menerima kedatangan Institut Manajemen Koperasi Indonesia Pusat Inkubator Bisnis & Kewirausahaan (PIBI IKOPIN) Jatinangor Sumedang Jawa Barat.

PIBI IKOPIN merupakan sebuah unit di bawah perguruan tinggi IKOPIN Jatinangor  yang berkiprah dalam penumbuhan dan pengembangan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan Koperasi Indonesia.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangkaian pelaksanaan ekstrakulikuler tahun ajaran 2020/2021 guna orientasi usaha di bidang usaha pengrajin keripik kelapa. Sebanyak 54 orang peserta yang merupakan mahasiswa PIBI IKOPIN dari Kab. Mimika - Papua yang dididik untuk menjadi para wirausahawan yang berbasis sumber daya lokal melalui perkuliahan di IKOPIN-beasiswa LPMAK.

Kegiatan diawali dengan pemaparan latar belakang terbentuknya KTH Raket Manunggal, proses pembuatan krispi kelapa serta tantangan dan hambatan pemasaran produksi kripik kelapa oleh Bapak Sukardi selaku Ketua KTH Raket Manunggal yang dilanjutkan dengan diskusi interaktif.

 

Melalui kunjungan ke KTH Raket Manunggal ini, diharapkan dapat menggugah jiwa kewirausahaan peserta untuk mengolah kelapa di daerah asalnya mengingat potensi kelapa yang besar di Papua.  Peserta yang hadir juga turut serta mempraktekkan pembuatan krispi kelapa yang dipandu oleh anggota KTH Raket Manunggal.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta menyambut baik kunjungan ke Kelompok Tani Binaan Balai KSDA Yogyakarta ini.  “Kunjungan ke kelompok tani binaan Balai KSDA Yogyakarta ini menunjukkan bukti bahwa kelompok tani kita sudah mulai menunjukkan eksistensinya. Pembelajaran yang dilakukan peserta dari luar provinsi hendaknya disambut dengan baik dan sekaligus dapat menjadi penyemangat anggota kelompok untuk lebih memajukan lagi usaha kelompoknya. Untuk penyuluh kehutanan Balai KSDA Yogyakarta, saya berpesan agar terus mendampingi kelompok tani-kelompok tani binaan Balai KSDA Yogyakarta hingga dapat mencapai kemandiriannya” tutup M. Wahyudi.

 

Sumber : Nur Surantiwi (Penyuluh Kehutanan) - Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini