RKW Kulonprogo Release Penyu yang Tersangkut Jaring Nelayan Pantai Congot

Selasa, 21 Januari 2020

Yogyakarta, 16 Januari 2020, Tim Resort Konservasi Wilayah (RKW) Kulonprogo melakukan pengecekan penyu yang terjaring nelayan di Pantai Congot. Berawal dari adanya pesan masuk terkait penemuan penyu yang disampaikan Dhanang Supriadi warga Jogoboyo, Purwodadi, Purworejo, tim RKW Kulonprogo bergegas menuju TKP di kediaman Dhanang.

Kronologi kejadian terjaringnya penyu bermula dari aktivitas Dhanang yang sedang menebar jaring ikan di Pantai Congot sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah beberapa menit jaring tersebut diangkat, ternyata bukan ikan yang didapatkan, tetapi justru penyu yang tersangkut. Penyu tersebut dibawa pulang dan diletakkan di bak mandi, selanjutnya Dhanang menghubungi salah satu personil RKW Kulon Progo untuk menginformasikan kejadian penemuan penyu tersebut.

Hasil pengecekan di lapangan diketahui penyu yang terjaring adalah jenis penyu hijau (Chelonia mydas). Tim RKW Kulonprogo memastikan penyu dalam kondisi baik. Setelah dilakukan penyerahan penyu dari Dhanang kepada Balai KSDA Yogyakarta, selanjutnya bersama-sama dengan Tim SAR Kulonprogo penyu direlease kembali di Pantai Congot pada pukul 15.00 WIB.

 

Kepala Balai KSDA Yogyakarta memberikan respon positif terhadap kejadian ini. “Kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa dilindungi khususnya jenis penyu telah mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan segera dilaporannya setiap kejadian penemuan penyu oleh masyakarat. Saya juga bangga kepada teman-teman RKW Kulonprogo yang dengan sigap segera menindaklanjuti laporan masyarakat dan melaksanakan penyelamatan satwa dengan baik.” tutur M. Wahyudi.

 

Sumber : Ulul Azmi SBN (Bakti Rimbawan) - Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini