Tak Sengaja Bertemu Walikota Tikep, Ini yang di Bahas Kepala Balai TN Aketajawe Lolobata

Senin, 20 Januari 2020

Weda, 20 Januari 2020 - Pada tanggal 17 Januari 2020, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), T. Heri Wibowo bersama Kepala SPTN Wilayah I Weda, Jumrin Said melakukan silaturahmi kepada instansi di sekitar kawasan. Tujuan silaturahmi kali ini adalah Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan. Kecamatan Oba merupakan kecamatan dari Desa Koli, yaitu desa penyangga kawasan TNAL di Resort Tayawi.

Bak pepatah mengatakan “Pucuk dicinta ulam pun tiba”, pada saat silaturahmi di kantor Kecamatan Oba, tanpa sengaja Kepala Balai TNAL bertemu dengan Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH yang saat itu sedang melakukan pertemuan dengan seluruh desa di Kecamatan Oba bersama Camat Oba, Halid Tomaidi. Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Kepala Balai dan Kepala SPTN Wilayah I Weda melakukan audiensi bersama Walikota Tidore Kepulauan.

Meningkatnya jumlah wisatawan di Suaka Paruh Bengkok (SPB) yang berlokasi di Desa Koli, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan menjadi salah satu poin yang didiskusikan antara Camat Oba, Walikota Tikep dan Kepala Balai TN Aketajawe Lolobata agar dapat mendapat perhatian yang lebih, terutama perbaikan akses jalan.

“Konten utama yang dibahas dalam audiensi ini adalah permohonan akses, baik menuju Suaka Paruh Bengkok maupun Resort Tayawi”, kata T. Heri Wibowo saat dikonfirmasi Tim Medsos Balai TNAL.

Selain itu, Walikota juga akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (mikrohidro) yang terdapat di Resort Tayawi pada bulan Februari. Mikrohidro ini nantinya akan menerangi rumah masyarakat Suku Togutil sebanyak 8 KK, 1 rumah ibadah dan 1 fasilitas umum.

Beberapa perihal penting yang menjadi prioritas kegiatan bersama dalam audiensi ini adalah:

  1. Balai TNAL diminta parisipasi aktif dalam kegiatan Sail Tidore tahun 2021 mendatang.
  2. Jalan menuju Suaka Paruh Bengkok (SPB) akan dibangun pada tahun ini sedangkan jalan menuju Resort Tayawi akan diselesaikan pada tahun 2021.
  3. Walikota meminta foto burung Bidadari Halmahera dan foto burung endemik lainnya untuk turut dipamerkan di Madrid, Spanyol minggu depan.

Kepala Balai berharap agar pembangunan jalan di 2020 ini dapat dilanjutkan sampai area depan Suaka Paruh Bengkok.

Sumber: Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut (Calon PEH Pertama) - Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini