Begini Keseruan Aksi Lapangan SPTN II dan SPTN III Balai TN. Aketajawe Lolobata

Senin, 20 Januari 2020

Sofifi, 20 Januari 2020 - Semangat dan motivasi kerja yang disampaikan Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), T. Heri Wibowo saat pembagian tugas resort dan SK Kepala Resort menular kepada seluruh anggotanya. Hal ini dibuktikan dengan beberapa gebrakan kegiatan resort di masing-masing Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN).

Setelah SPTN Wilayah I, sekarang giliran SPTN Wilayah II Maba dan SPTN Wilayah III Subaim melakukan kegiatan lapangan. SPTN Wilayah II melakukan kegiatan anjangsana dan pemantapan lokasi rencana KBR di wilayah kerja Resort Buli, Desa Dorolamo, Kecamatan Maba Tengah, Kabupaten Halmahera Timur. Kegiatan anjangsana dimaksudkan untuk pendampingan kelompok Tunas Jaya yang bergerak di bidang pertanian dan hortikultura. Kelompok ini di bentuk pada tahun 2018 dan mendapat bantuan peralatan dan benih dari Balai TNAL pada tahun yang sama. Pendampingan ini dilakukan dalam rangka pembuatan rencana pembuatan Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Desa Dorolamo.

Kegiatan serupa juga dilakukan oleh SPTN Wilayah III di wilayah kerja Resort Lolobata. Resort Lolobata melakukan kegiatan pembuatan kelompok KBR di Desa Tukur-Tukur yang beranggotakan masyarakat adat SUku Togutil. Kelompok KBR tersebut bernama Horimoi yang artinya Kami Bersatu.  Setelah pembentukan kelompok, Kepala SPTN Wilayah III, Junesly memberikan sosialisasi terkait pengelolaan KBR. Selain kegiatan pendampingan kelompok KBR, Resort Lolobata juga melakukan anjangsana di Desa Foli untuk menyampaikan dampak pertambangan dan penebangan liar dalam kawasan hutan.

Sumber: Akhmad David Kurnia Putra (Polhut) - Balai TN Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini