Menumbuhkan Jiwa Konservasi Sejak Dini

Senin, 20 Januari 2020

Senin, 20 Januari 2020 - Dalam rangka pembangunan dan pengembangan serta menjaga keutuhan keanekaragaman hayati di Taman Nasional Batang Gadis dari kerusakan kawasan hutan, Balai Taman Nasional Batang Gadis melakukan kegiatan berupa kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberikan penjelasan dan pengetahuan tentang perlu dan pentingnya menjaga hutan demi kelangsungan hidup dunia. Kegiatan ini menitikberatkan kepada siswa-siswi yang merupakan generasi penerus supaya dapat berpikir lebih baik kedepan dengan menjaga kelestarian hutan demi kehidupan mereka kelak. Kegiatan ini dipelopori langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Batang Gadis yaitu Bapak Ir.Sahdin Zunaidi, M.Si yang sangat peduli sekali terhadap pertumbuhan dan perkembangan pola pikir generasi bangsa untuk tetap selalu menjunjung tinggi nilai konservasi didalam jiwanya.

Kegiatan ini di isi dengan materi tentang apa itu hutan dan kekayaan keanekaragaman tang ada dikawasan Taman Nasional Batang Gadis. Selain itu kegiatan ini juga diselingi dengan games Tanya jawab dari siswa yang kemudian diberikan souvenir berupa mainan kunci apabila dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Penyampaian materi diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang lingkungan hutan yang berada ditempat tinggal mereka. Tidak hanya siswa dan siswi saja yang ikut para guru juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Guru-guru juga  mengapresiasi kegiatan  yang diadakan di Taman Nasional Batang Gadis  ini dan berharap untuk kedepannya agar kegiatan serupa dapat berlangsung secara terus menerus.

 

Metode kegiatan ini dimulai dengan memberikan pengetahuan tentang pengertian hutan. Siswa-siswi mendengarkan dengan sungguh-sungguh atas penyampaian materi dan penjelasan-penjelasan yang diberi oleh Bapak Kepala Balai TN. Batang Gadis, Ir. Sahdin Zunaidi, M.Si. Siswa-siswi sangat antusias ketika Beliau memberikan penjelasan tentang potensi-potensi yang ada didalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis baik itu dari mamalianya, burungnya, Objek wisatanya serta dari tanaman langka yang menghiasi kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Banyak dari mereka tidak menyangka bahwa hewan atau tanaman yang sering mereka dengar baik itu dari media elektronik maupun dari informasi lainnya ternyata mendiami di sekitar mereka. Siswa-siswi merasa, bahwasanya hutan ini harus dijaga.

Selain itu Beliau juga menceritakan bahaya dari kerusakan hutan kepada mereka. Selain dapat merusak ekosistem yang didalamnya hutan juga bisa menyebabkan kehidupan masyarakat yang dibawahnya hancur. dengan rusaknya hutan, pada saat musim penghujan, hutan tidak dapat mengontrol diri sehingga pengikisan tanah yang akhirnya terbawa oleh air bersamaaan dengan ikutnya pohon-pohon yang terkikis menerjang kebagian bawah jatuh kesungai sehingga terjadilah banjir bandang. Penjelasan itu membuat mereka terhanyut dan mengetahui kejadian serupa telah terjadi dan menimpa teman-teman mereka sebelumnya. Kegiatan ini diakhiri dengan penyeruan oleh Beliau agar sebagai generasi penerus agar bersama-sama menjaga kelestarian alam khusunya hutan terutama Taman Nasional Batang Gadis yang posisinya sebagai penyangga bagi hutan lainnya selanjutnya diikuti dengan poto bersama. “Salam Konservasi…..!!!

 

Sumber : Ifham Fuadi Rambe (PEH) - Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini