Lagi-lagi Hasse Laporkan Temuan Sarang Penyu

Senin, 20 Januari 2020

Senin, 20 Januari 2020 - Minggu pagi sekitar jam 06.50 Wita petugas Resort Jinato Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II dihebohkan oleh Hasse warga Desa Jinato, Kecamatan Taka Bonerate Kabupaten Kepulauan Selayar.

Hasse adalah warga yang selama ini giat melaporkan temuan sarang penyu di Pulau Jinato. Hampir tiap hari berkeliling pulau mendeteksi keberadaan penyu yang naik bertelur. Kegiatan ini dikerjakan dengan sukarela. Seperti temuan sarang penyu hari ini di bagian Selatan Pulau Jinato. Berdasarkan informasi dari Hasse, para petugas Resort Jinato bergegas ke lokasi temuan sarang dan benar menemukan sarang penyu yang masih baru.

"Kalau dilihat jejak dan galiannya, ini masih baru" Kata Sunadi Buki PEH Resort Jinato

Petugas langsung melakukan penggalian sarang tersebut untuk mengamankan telur dari pemangsa. Kemudian telur tersebut akan ditetaskan secara semi alami yang sudah disiapkan. Dalam peroses penggalian sarang oleh petugas Resort Jinato, Kares Jinato Dadang Hermawan dan Ajadin Anhar (Polhut) mengajak Ketua BPD Desa Jinato Abd Samad masyarakat serta guru sekolah dasar dan siswa-siswanya yang kebetulan rekreasi di sekitar lokasi untuk menyaksikan langsung tempat dan lokasi peneluran penyu. Petugas memberikan sedikit pemahaman terkait habitat, status perlindungan, dan tindakan yang dilakukan bila menemukan jejak sarang.

Dari pengamatan jejak, dugaan jenis Penyu Hijau dengan jumlah telur 78 butir, kedalaman sarang 70 cm, lebar sarang 47 cm, dengan jarak sarang dari pasang tertinggi 1,59 m. Penyu adalah salah satu satwa liar yang dilindungi, baik secara internasional maupun nasional. Dari 120-80 telur yang ditetaskan hanya 2 - 3 ekor yang bisa mencapai penyu dewasa, sisanya dimangsa oleh predator, baik itu alami ataupun ulah manusia.

 

Sumber : Asri (PEH Penyelia) - Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini