Mencintai Alam Sejak Dini Melalui Penanaman di SM Paliyan

Senin, 20 Januari 2020

Yogyakarta, 17 Januari 2020 - Dalam rangka menumbuhkan cinta alam dan lingkungan, Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan Mitsui Sumitomo Insurance (MSIG) Jepang melakukan kegiatan Pendidikan lingkungan pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Melalui kegiatan pendidikan lingkungan, sebanyak 120 peserta yang terdiri atas guru dan murid SD Negeri I Trowono dan SMP Negeri I Paliyan diajak untuk mencintai alam sejak dini dengan melakukan penanaman pohon di Suaka Margasatwa (SM) Paliyan. Kegiatan penanaman dilakukan pada hari Jumat dengan lokasi blok rehabilitasi SM Paliyan.  Pada kesempatan ini turut hadir staf dari BPDAS SOP, Dinas LHK Prov. DIY, dan Muspika Kecamatan Paliyan.

Kegiatan penanaman di SM Paliyan dalam rangkaian pendidikan lingkungan diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Muhammad Wahyudi yang diwakili Kepala Resort SM Paliyan, Siti Rohimah.  Dalam sambutannya, Kepala Balai KSDA Yogyakarta memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan tersebut.  “Bapak Kepala Balai sangat mengapresiasi kegiatan penanaman dalam rangka pendidikan lingkungan. Melalui kegiatan ini anak-anak diajak untuk turut mencintai alam sejak dini, sehingga diharapkan rasa cinta alam itu akan senantiasa tertanam hingga dewasa kelak”. kata Siti.

  

Pada kegiatan ini ditanam beberapa jenis tanaman native karst yaitu yaitu Bulu (Ficus elasticus),  Ipik (Ficus superba), maja (Aegle marmelos), serta 2 (dua) jenis tanaman pakan satwa untuk mendukung fungsi SM Paliyan yaitu nangka (Artocarpus heterophyllus) dan sirsat (Annona muricata).

 

Sumber : Kusmardiastuti (PEH Balai KSDA Yogyakarta)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini