Penasaran Pengelolaan Mangrove, Perwakilan Anak Muda Dari 39 Negara Datangi TWA Angke Kapuk

Senin, 15 Juli 2019

Jakarta, 15 Juli 2019. Universitas Indonesia dan Kementerian Koordinator Kemaritiman menyelenggarakan Youth Innovation Competition on Global Governance. Diikuti sebanyak 120 peserta yang mewakili anak muda dari 39 negara melakukan orientasi lapangan di Taman Wisata Alam Angke Kapuk (TWA AK). Tujuan kegiatan di TWAAK ini adalah untuk mempelajari bagaimana pengelolaan mangrove yang ada di TWAAK. TWAAK terletak di Kelurahan Kamal Muara Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara. Memiliki luas 99,82 hektar dan telah diusahakan kegiatan wisatanya oleh PT Murindra Karya Lestari sebagai pemegang izin pengusahaan pariwisata alam sejak tahun 1997. Mandat pengelolaan TWA Angke Kapuk adalah sebagai lokasi wisata alam dan pendidikan serta mempertahankan hutan Mangrove Angke Kapuk sebagai sabuk hijau penahan intrusi air laut.

Kepala Balai KSDA Jakarta Ahmad Munawir menyampaikan bahwa TWAAK adalah sebuah keajaiban ditengah-tengah kepadatan dan kesibukan Kota Jakarta. “Dulu 90% Kawasan TWAAK rusak berat, tutupan lahan sangat kecil, dan berupa tambak udang dan ikan bandeng Atas usaha yang terus menerus dari PT. Murindra Karya Lestari bersama dengan BKSDA Jakarta selama kurang lebih 20 tahun jadilah TWAAK menjadi rindang dan asri seperti ini” imbuh Munawir, orang nomor satu di Balai KSDA Jakarta ini. “Saya harap para peserta bisa mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan kegembiraan dalam acara orientasi lapangan ini” tutup Munawir.

Evi, Salah seorang peserta Youth Innovation Competition on Global Governance dari Universitas Indonesia menyampaikan betapa terkejutnya ketika memasuki TWAAK, “Saya tidak menyangka ada “HUTAN” di Jakarta, sungguh rindang dan asri, serasa bukan di Jakarta. TWAAK memiliki beberapa fasilitas wisata antara lain Pondok Kemah, Kantin Lesehan, Jembatan Gantung dan Pengamatan Burung, Penanaman Bibit Mangrove, Wisata Air, Taman Bermain Anak dan Jalur Bersepeda. Tertarik untuk mencari sensasi berwisata alam di keramaian Ibukota, kunjungi saja TWAAK.

Sumber : Balai KSDA Jakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini