Sinergitas TN Matalawa dengan Pemkab Sumba Barat

Kamis, 05 Juli 2018

Waingapu, 5 Juli 2018. Sebagai satu-satunya kawasan konservasi di Pulau Sumba, Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) merupakan asset negara yang sangat berharga dimiliki oleh masyarakat Sumba. Hal ini seperti yang diucapkan Maman Surahman (Kepala Balai TN Matalawa) saat berkoordinasi dengan Bupati Sumba Barat di ruang pertemuan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab. Sumba Barat. Beliau menambahkan kehadiran Balai Taman Nasional Matalawa di Pulau Sumba bertugas untuk mengamankan asset Negara tersebut untuk keberlangsungan kehidupan di Pulau Sumba.

Pada kesempatan tersebut selain melaksanakan koordinasi terkait kerjasama pembangunan strategis di kawasan TN Matalawa, disampaikan pula beberapa program yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan Taman Nasional. Diantaranya pelatihan usaha (pengolahan bambu dan kopi), pendampingan kelompok dan pemberian bantuan usaha, serta pembangunan sentra pemasaran hasil/produk masyarakat sekitar kawasan hutan.

Program dan capaian-capaian pengelolaan kawasan TN Matalawa tersebut mendapat apresiasi dan dukungan dari Agustinus Niga Dapawole (Bupati Sumba Barat), beliau menyambut positif program-program tersebut dan bersedia untuk bekerja bersama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan TN Matalawa. Lebih jauh orang nomor satu di Kabupaten Sumba Barat ini berharap koordinasi dan kerjasama antara Balai TN Matalawa dan Pemda Sumba Barat dapat terus terjalin dan berkomitmen untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan di TN Matalawa.(voo/mtlw)

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini