Improving skill Pemandu Wisata Air Terjun Lapopu TN Matalawa

Kamis, 05 Juli 2018

Waingapu, 5 Juni 2017. Meningkatnya kunjungan wisata ke air terjun Lapopu di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang berbatasan dengan desa Katikuloku dan Rewarara juga turut meningkatkan pendapatan masyarakat kedua desa tersebut. Masyarakat memperoleh tambahan penghasilan dari menjual jasa sebagai pemandu wisata (interpreter) ataupun porter. Balai TN Matalawa pun telah memfasilitasi masyarakat dengan mendirikan kios untuk mereka berjualan di areal loket air terjun.

Namun, untuk lebih menyeragamkan pelayanan jasa yang akan diberikan kepada para pengunjung, Balai TN Matalawa mengadakan diskusi dengan para pemandu wisata yang ada di Lapopu. Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut, M.Sc, dan Kepala Resort Waimanu, Bayu Kurniawan, S.Hut, menekankan kepada para pemandu bahwa perilaku pemandu wisata serta keamanan menjadi kunci minat pengunjung untuk datang ke Lapopu. Oleh karena itu, perlakukan para pengunjung dengan ramah dan sopan.

Masalah sampah yang sudah menjadi fokus pembenahan di Kementerian LHK juga disampaikan dalam forum ini. Para pemandu diingatkan untuk menegur pengunjung yang membuang sampah sembarangan dan memungut sampah yang terlihat sehingga Lapopu bersih dari sampah sehingga meningkatkan minat berkunjung wisatawan ke Lapopu.(bkn/mtlw)

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini