Joy Kembali Masuk Sekolah Orangutan

Selasa, 03 Juli 2018

Sintang, 3 Juli 2018. Sintang Orangutan Center (SOC) bersama Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa bentarum) dan Balai KSDA Kalimantan Barat membawa kembali satu spesies orangutan dari dalam kawasan bernama Joy (3/7). Joy merupakan salah satu dari tiga spesies betina orangutan (Joy, Molly dan Bembi)  yang dilepasliarkan pada tanggal 17 April 2018 di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun tepatnya di sungai rungun DAS Mendalam.

Menurut salah satu staf SOC, Joy belum siap beradaptasi dengan alam atau habitat aslinya. Joy memberikan perilaku seperti masih berada di rehabilitasi yaitu selalu ingin dekat dengan manusia dan tidak mau mencari pakan serta tempat tinggal sendiri. Salah satu bukti ketidaksiapan Joy di habitat aslinya, Joy tidak mau menjauh dari titik lokasi pelepasliaran tersebut serta Joy telah melakukan pengrusakkan pada salah satu camp staf SOC yang berada di kawasan.

Untuk itu SOC memutuskan membawa kembali Joy ke rehabilitasi untuk diberikan perawatan dan pendampingan sehingga nantinya JOY benar-benar siap untuk dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun.

Pihak Balai Besar TaNa Bentarum sangat mendukung dengan dibawanya kembali Joy ke rehabilitasi untuk dilakukan rehabilitasi lebih lanjut, karena akan membahayakan masyarakat setempat maupun pengunjung yang masuk ke kawasan dan nyawa Joy sendiri

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini