Kunjungan Sekjen dan Biro Perencanaan Kementerian LHK di BSB

Minggu, 01 Juli 2018

Kuningan, 1 Juli 2018. Batuluhur, kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) disinggahi Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) beserta rombongan Biro Perencanaan Kementerian LHK sebelum melanjutkan perjalanan ke Bukit Seribu Bintang (BSB) pada Sabtu, 30 Juni 2018. Untuk melakukan perjalanan ke BSB, rombongan transit di Batuluhur untuk berganti kendaraan khusus berpenggerak 4 roda (4 WD). Tepat pukul 10.00 perjalanan di mulai dari Batuluhur dengan menggunakan 10 mobil. Jalan menuju BSB memang sangat mengasyikan, tanjakan, turunan dan berbatu menjadikan tantangan dan menguji adrenalin bagi yang belum pernah ke BSB. 

Sekjen KLHK dan rombongan tiba di BSB pukul 11.30 dengan sajian “coffee break” berupa teh jahe dan makanan tradisional khas setempat dihiasi pemandangan alam yang luar biasa di ketinggian 980 m dpl. Kedatangan Sekjen KLHK dan rombongan Biro Perencanaan di BSB ini adalah dalam rangka pembinaan pegawai Biro Perencanaan serta pelepasan purna tugas Kepala Biro Kepegawaian dan Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri.

Sambutan selamat datang, kepala Balai TNGC memperkenalkan konsep pelibatan aktif peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian hutan, diantaranya pengendalian kebakaran hutan, melalui pemberian ijin usaha jasa wisata alam, seperti yang dilakukan pada pembangunan “Camp Fire Care” di BSB. Hal tersebut mendapat apresiasi yang baik dari Sekjen KLHK. Selanjutnya Sekjen KLHK menyampaikan pentingnya sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi yang baik, melalui peningkatan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual khususnya bagi seluruh staf KLHK, yang mengelola sumber daya alam pada kawasan Indonesia yang cukup luas.

Dalam sesi pelepasan purna tugas tersebut, ada rasa haru sekaligus bahagia yang disampaikan oleh masing-masing rekan kerja purna tugas Kepala Biro Kepegawaian Erni Mayana dan purna tugas Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri Sri Murniningtyas. Menutup rangkaian acara di BSB, Sekjen KLHK beserta beberapa pejabat yang hadir melakukan penanaman pohon bersama dan pelepasan burung Kutilang sebagai tanda pelepasan purna tugas.

Sekjen KLHK beserta kepala Balai TNGC juga berkesempatan menerima Bupati Kuningan, Acep Purnama pada sore harinya. Perbincangan seru tentang pengelolaan hutan konservasi TNGC dan pelibatan masyarakat, khususnya pengelolaan pariwisata alam menjadi topik utamanya. Pada kesempatan tersebut juga ditawarkan keterlibatan Bupati Kuningan pada acara Festival Taman Nasionan dan Taman Wisata Alam (FTN-TWA) 2018 yang akan digelar di pelataran candi Prambanan Yogyakarta, pada tanggal 6-8 Juli 2018 nanti. Ajakan tersebut pun disambut baik oleh Bupati Acep Purnama. Termasuk kesediaannya menjadi salah satu narasumber pada “talkshow” bertema “Pengelolaan Lestari Gunung Ciremai untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Kelestarian Budaya Luhur” yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 7 Juli 2018 jam 13.00-14.00 di panggung utama FTN-TWA 2018, bersama narasumber lainnya. [teks © Oman Depe, foto © Biro Perencanaan KLHK & kOEszky - BTNGC |072018]

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini