Kolaborasi Bersih Sampah Kawasan Wisata Pasca Eksotika Bromo dan Yadnya Kasada

Senin, 02 Juli 2018

Cemoro Lawang, 2 Juli 2018. Kegiatan bersih sampah kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pasca Eksotika Bromo dan Yadnya Kasada di laksanakan mulai hari minggu 1 Juli 2018 diikuti lebih kurang 315 personil yang merupakan gabungan dari seluruh stakeholders TNBTS, Forum Sahabat Gunung, Bromo Lovers, polsek sukapura, Koramil Sukapura, PHRI Probolinggo, Disbudpora Probolinggo, Komunitas Jeep, Ojek, PKL, Asongan, Kuda serta masyarakat pecinta dan peduli Lestari TN Bromo Tengger Semeru.

"Pasca Upacara Yadnya Kasada dan Eksotika Bromo kita lakukan pembersihan sampah pengunjung yang datang di acara tersebut. Alhamdulillah tahun ini kegiatan bersih sampah tersebut di lakukan secara kolaborasi dan swadaya seluruh komponen masyarakat yang peduli kelestarian TN Bromo. Kita hanya menghimbau dan mengajak dan mereka dengan antusias menyambut baik himbauan dan ajakan TNBTS dan FSG untuk secara bersama-sama dan mandiri membersihkan sampah pasca upacara kasada dan festival eksotika bromo. Lokasi yang dibersihkan seputar Bromo dari mulai Penanjakan, Bukit kaki jenggot (telletubies), Laut Pasir, sekkitar Pura Poten, Tangga Bromo dan sekitar Gunung Batok", ucap Kepala Seksi PTN I Cemorolawang.

Kepala Balai Besar TN Bromo Tenngger Semeru Ir. John Kennedie MM, mengapresiasi dan memyambut baik kegiatan bersih sampah tersebut dan berharap kegiatan ini di pertahankan tidak hanya dilakukan pada event pasca kasada atau festival eksotika Bromo saja. Wisata Bromo dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat sekitar TNBTS dan mampu meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat sehingga sudah sewajarnya juga kebersihan, kelestarian, keamanan dan kenyamanan wisata TNBTS juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh masyarakat yang menikmati dampak dari wisata tersebut.

Pada kesempatan bersih sampah ini berhasil di angkut sampah berbagai jenis lebih kurang 4000 kg, selanjutnya sampah tersebut akan diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir Sukapura di Probolinggo.

 

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini