Evakuasi Si May di Kabupaten Sekadau

Minggu, 01 Juli 2018

Sintang, 1 Juli 2018. Berawal dari informasi dan laporan Yayasan Planet Indonesia mengenai keberadaan orangutan di Kabupaten Sekadau. Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah II Sintang Balai KSDA Kalimantan Barat (BKSDA  Kalbar) melakukan pengecekan ke lokasi yang berjarak ± 2,5 jam dari Sintang bersama dengan tim dari Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang (YPOS). Tim tiba dilokasi langsung melakukan negoisasi serta memberikan pemahaman mengenai arti penting keberadaan dan pelestarian orangutan dengan sang pemiilk yang bernama Bp. Sanusi.

Menurut pengakuan Sanusi, satwa tersebut ditemukan ketika sedang mencari lokasi kebun dan orangutan tesebut kemudian diberi nama “MAY”. Melalui Berita Acara Penyerahan satwa, May kemudian diserahkan untuk diperiksa oleh tim dokter hewan. Saat ini si May dititiprawatkan di pusat rehabilitasi YPOS sebelum dilepasliarkan kembali ke alam.

Kerusakan habitat dan perburuan merupakan ancaman berkurangnya jumlah populasi Orangutan saat ini, konflik antara manusia dan satwa menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua untuk tetap dapat melestarikan satwa demi tercapainya tujuan konservasi. Mari kita semua mulai menyadari pentingnya kelestarian satwa dimulai dari diri sendiri. (PR)

Sumber dan Dokumentasi : Tim WRU SKW II Sintang Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini