Bersama JISC, Balai TN Matalawa Siaga Karhutla

Sabtu, 30 Juni 2018

Waingapu, 30 Juni 2018. Terdapat 4 blok hutan di Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang menjadi lokasi restorasi, yaitu blok hutan Taman Mas, Tangairi, Manurara, dan Waimanu yang dikerjakan oleh Japan International Cooperation System (JICS) dengan melibatkan masyarakat sekitar hutan sebagai tenaga kerja (29/6). Asisten manajer lapangan, Fahri, beserta 3 asisten lapangan memaparkan hasil kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan selama 1 bulan. Fahri mengungkapkan bahwa kegiatan pada bulan ini difokuskan pada patroli pencegahan kebakaran hutan oleh para masyarakat yang bekerja dalam proyek restorasi. Kegiatan sosial kemasyarakatan yang biasanya dilakukan dengan kampanye ke sekolah-sekolah belum dilakukan karena sedang masa libur sekolah.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut, M.Sc, mengapresiasi JICS sebagai mitra kerja TN Matalawa yang telah membantu meringankan beban petugas dalam melaksanakan patroli pencegahan kebakaran hutan. Ia menambahkan bahwa dalam beberapa bulan kedepan, puncak musim panas akan datang sehingga diperlukan patroli yang lebih intens. TN Matalawa memiliki masyarakat binaan yang tergabung dalam kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) yang siap turut serta dalam kegiatan patroli pencegahan kebakaran hutan dengan kegiatan peninjauan lapangan di 4 lokasi restorasi serta pengarahan kepada tim patroli tentang kesiapsiagaan dalam pengendalian kebakaran hutan (30/6).

Restorasi kawasan Taman Nasional merupakan bagian penting dalam pengelolaan kawasan, oleh karena itu, perlu diadakan peninjauan dan pencermatan terhadap kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan dan akan dilakukan kedepan. (abn/mtlw)

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini