Perjuangan Petugas Balai TN Matalawa 24 Jam Padamkan Api di Nggongi

Sabtu, 30 Juni 2018

Waingapu, 26 Juni 2018. Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang didominasi padang rumput sangat rentan terbakar. Terlebih pada musim kemarau ini, rumput yang mengering dan hembusan angin yang kuat menjadi faktor sempurna pemicu kebakaran.

Seperti yang terjadi pada hari Minggu, 24 Juni 2018 yang lalu sekitar pukul 3 sore, petugas piket siaga kebakaran hutan di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Balai TN Matalawa, Sipri, melaporkan kejadian kebakaran yang terjadi di Nggongi. Tim pengendalian kebakaran hutan SPTN Wilayah III langsung menanggapi laporan dengan mengirim petugas berjumlah 6 orang yang dikomandani Kepala Resort Tandulajangga, Polhut Pelaksana Romelus Lopianus.

Setelah dilakukan penelusuran, kebakaran terjadi di blok hutan Watubara yang tersebar pada 3 lokasi berbeda dengan jarak 6 km dari pemukiman masyarakat. Kegiatan pemadaman berlangsung cukup dramatis karena lokasi kebakaran berada pada lokasi berbukit. Angin kencang dan tidak adanya sumber air memperparah keadaan. Petugas hanya mampu memadamkan dengan alat sederhana yaitu ranting-ranting pohon yang dipukul-pukulkan pada api. Dinginnya malam ternyata juga tidak mampu memadamkan kebakaran yang terjadi. Setelah lebih dari 24 jam terbakar, api baru dapat dijinakkan keesokan harinya sekitar pukul 6 sore dengan total areal yang terbakar seluas 30 hektar. Petugas memperkirakan bahwa kebakaran terjadi karena aktifitas masyarakat yang hendak berburu dan menggembala ternak.(rlr/mtlw)

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini