Keberadaan Beruang Madu di SM Isau Isau Terungkap

Kamis, 28 Juni 2018

Lahat, 28 Juni 2018. Telah lama diketahui bahwa kawasan Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau merupakan habitat bagi satwa endemik Sumatera salah satunya adalah Beruang Madu (Helarctos malayanus). Dengan bantuan kamera trap akhirnya keberadaan Beruang Madu (Helarctos malayanus) dapat terabadikan sedang beraktivitas pada habitatnya di kawasan SM Isau-Isau untuk pertama kalinya.

Beruang madu merupakan hewan omnivora namun sebagian besar dari mereka juga mengkonsumsi buah buahan serta madu dan serangga untuk asupan protein yang tinggi. Dengan kulit yang tebal dan cakar kuat Beruang Madu (Helarctos malayanus) dapat dengan mudah menghancurkan sarang lebah atau mengambil rayap dengan lidah yang sangat panjang. Sebagai informasi beruang madu mempunyai lidah yang terpanjang diantara semua jenis beruang di dunia.

Dengan segala keunikannya ternyata Beruang Madu (Helarctos malayanus) masih kurang mendapatkan perhatian. Kerusakan habitat dan perburuan menjadi ancaman  utama akan keberadaan Beruang Madu (Helarctos malayanus). Namun masih ada harapan bagi kita untuk melakukan perlindungan bagi satwa unik ini apabila kita selalu bekerjasama untuk megupayakan upaya perlindungan terhadap Beruang Madu (Helarctos malayanus).

Sumber : Pungky Nanda Pratama - Kader Konservasi Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini