Terperangkap di Ruang Kelas, Kangkareng Putih di Selamatkan Tim Wildlife Rescue Unit BKSDA Kalbar

Selasa, 26 Juni 2018

Ketapang, 26 Juni 2018. Seekor kangkareng putih (Anthracoceros albirostris) diketahui terperangkap di dalam ruang kelas SMP 4 Ketapang. Menurut Sarianto warga Jalan Pangeran Kusuma Jaya Ketapang, Kangkareng tersebut masuk melalui celah ventilasi yang sedikit rusak dan kemudian tidak dapat keluar kembali. Mengetahui satwa tersebut dilindungi, beliau langsung menghubungi tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Ketapang.

Tim WRU kemudian melakukan penyelamatan tehadap satwa tersebut dan membawanya ke kantor SKW I Ketapang untuk dilakukan pengecekan oleh Dokter hewan. Kangkareng tersebut rencananya akan dilepaskan di habitatnya yang jauh dari pemukiman warga setelah proses pemulihan karena diduga satwa tersebut mengalami stres.

Adanya degradasi habitat satwaliar akibat perubahan pola ruang membuat banyaknya satwa yang mendekati permukiman warga. Konflik manusia dan satwaliar menjadi hal umum dan banyak terjadi dibeberapa tempat, tidak terkecuali di Kalimantan Barat. Peduli terhadap konservasi oleh seluruh pihak mulai dari masyarakat umum hingga pemerintah diperlukan demi tetap lestarinya tumbuhan dan satwaliar serta habitatnya.

Sumber : Tim WRU SKW I Ketapang, Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini