Ditemukan di Jalan, Wakil Bupati Toba Serahkan Trenggiling Ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Kamis, 25 Agustus 2022

Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak diapit petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Kepala UPT KPH Toba usai penyerahan Trenggiling

Balige, 25 Agustus 2022. Bermula pada Senin, 22 Agustus 2022, sekitar pukul 22.00 wib, Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak, menemukan satu ekor Trenggiling (Manis javanica) di sekitar areal perkantoran Bupati Toba di Balige, dan saat itu juga dilakukan tindakan pengamananan dengan membawanya  ke rumah dinas.

Keesokan harinya Selasa, 23 Agustus 2022, Wakil Bupati Toba menginformasikan penemuan trenggiling  kepada Kepala UPT KPH Toba, Leo Sitorus, dan diketahui bahwa satwa tersebut termasuk jenis yang dilindungi serta disarankan agar menyerahkannya kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Menindaklanjutinya, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, setelah menerima informasi dari staf UPT KPH Toba, kemudian menjemput trenggiling ke rumah dinas Wakil Bupati Toba, pada Rabu 24 Agustus 2022. Selanjutnya petugas melihat kondisi trenggiling dalam keadaan baik dan sehat, memutuskan untuk segera mengevakuasi dan melepasliarkan ke habitat alaminya di kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Dolok Surungan. Dengan pelepasliaran ini diharapkan nantinya trenggiling dapat berkembang biak secara alami.

Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melepasliar trenggiling di kawasan SM. Dolok Surungan

Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengapresiasi Wakil Bupati Toba, Tonny Simanjuntak, yang peduli terhadap upaya konservasi (penyelamatan) satwa liar. Semoga kepedulian ini menjadi contoh, teladan dan inspirasi bagi warga masyarakat lainnya untuk ikut peduli menyelamatkan satwa liar, khususnya untuk jenis yang dilindungi undang-undang.

Sumber : Manigor Lumban Toruan, SP. – Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini