Balai TN Komodo Ajak Siswa Magang & MMP Patroli Kawasan

Senin, 06 Juni 2022

Labuan Bajo, 1 Juni 2022. Resort Kampung Komodo Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo patroli resort pada tanggal 24 sampai dengan 27 Mei 2022 dengan melibatkan 10 orang anggota kelompok Masyarakat Mitra Polhut (MMP) Desa Komodo dan dua orang siswa magang yang masing-masing merupakan pelajar dari SMK Stella Maris Labuan Bajo dan SMK Sadar Wisata Ruteng. Patroli kawasan pada wilayah kerja Resort Kampung Komodo diselenggarakan sebagai bentuk aksi pencegahan dini terhadap adanya potensi ancaman ataupun gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Kegiatan pengamanan dan pengawasan hutan yang melibatkan anggota MMP dan siswa magang juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kawasan Taman Nasional Komodo.

Tim gabungan petugas Resort Kampung Komodo, MMP Desa Komodo, dan para pelajar berupaya memantau wilayah rawan gangguan pada lingkup area kerja SPTN Wilayah II. Pada kegiatan patroli resort Kampung Komodo kali ini, tim melaksanakan patroli perairan dan daratan. Adapun jangkauan patroli perairan mencapai wilayah perairan Gili Lawa (Komodo Utara), Loh Wau (Komodo Selatan), Loh Grek, hingga Loh Namo di wilayah timur Pulau Komodo. Tim tidak menemukan adanya pelanggaran ataupun aktivitas yang mencurigakan selama melaksanakan kegiatan patroli perairan, namun, masih banyak ditemukan nelayan yang belum melapor ke pos jaga terdekat sebelum ataupun sesudah melakukan aktivitas memancing di dalam kawasan. Tim lantas memberikan pembinaan kepada individu-individu nelayan tersebut sekaligus melakukan sosialisasi mengenai aturan zonasi yang berlaku di Taman Nasional Komodo. Serupa dengan tim patroli perairan, tim patroli daratan juga tidak menemukan adanya aktivitas mencurigakan ataupun indikasinya adanya gangguan terhadap kawasan. Tim patroli daratan menjelajahi wilayah Loh Namo, Loh Lawi, dan wilayah bagian utara Desa Komodo.

Petugas Resort Kampung Komodo berharap dengan rutinnya dilaksanakan kegiatan patroli resort bersama masyarakat, hal ini dapat memperkuat upaya penyadartahuan lingkungan bagi masyarakat secara luas. Dengan dilibatkannya masyarakat, petugas Resort Kampung Komodo akan terus berupaya keras menjaga keseimbangan ketiga pilar konservasi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan harus mendapatkan perhatian yang sama pentingnya dengan kegiatan pengawetan maupun pemanfaatan sumber daya alam di dalam kawasan agar keseimbangan kelestarian tetap terjaga.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Kampung Komodo - Stefanus Jalak (+6282144422404)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini