Nelayan Dihimbau Lapor Sebelum Beraktivitas di Perairan TN Komodo

Senin, 06 Juni 2022

Labuan Bajo, 29 Mei 2022. Petugas Resort Loh Wenci – Sapeh Balai Taman Nasional Komodo melaksanakan patroli perairan rutin pada tanggal 21 Mei 2022. Giat patroli kali ini dipimpin oleh Hardianus Sina dan Sigibertus Knaofmone (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wenci – Sapeh) untuk memastikan tidak adanya potensi gangguan perburuan satwa baik di wilayah daratan maupun perairan lingkup wilayah kerja Resort Loh Wenci – Sapeh.

Patroli perairan kali ini berupaya menjangkau wilayah perairan Loh Laju Pemali dan Seloko. Tim menemukan dua buah kapal nelayan yang berasal dari Sape Gusung yang memancing ikan pada perairan Loh Laju Pemali. Kedua kapal tersebut diketahui belum melapor ke Resort Loh Wenci-Sapeh. Petugas lalu mengarahkan kedua kapal nelayan tersebut untuk segera melakukan pelaporan dan menghimbau kedepannya agar selalu melaporkan diri ke pos jaga sebelum beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Petugas Resort Loh Wenci – Sapeh berharap agar masyarakat nelayan turut menjaga keanekagaraman hayati bawah laut di dalam kawasan Taman Nasional Komodo dengan tidak menggunakan alat tangkap yang dapat merusak lingkungan ataupun memancing ikan dalam jumlah berlebih tanpa memandang ukuran ataupun usia tangkapan ikan. Petugas berharap agar perairan di Pulau Komodo bagian Barat dan Utara dapat sama terjaganya seperti wilayah perairan lainnya di dalam kawasan dengan adanya partisipasi dan kesadaran nelayan yang beraktivitas di perairan Loh Wenci yang kebetulan banyak datang dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Wenci - Sapeh | Sigibertus Knaofmone (+6285338853828)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini