Road To HKAN 2024: BBKSDA Sumut Visit To School SMPN 4 Pangaribuan

Rabu, 31 Juli 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Kepala Resort CA. Dolok Saut, Poltak Rimson Sinaga, memaparkan materi

Pangaribuan, 31 Juli 2024. Masih dalam rangkaian Road To HKAN 2024, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resot CCagar Alam (CA) Dolok Saut pada Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung melaksanakan kegiatan Visit To School SMP negeri 4 Pangaribuan , Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, pada Selasa 30 Juli 2024.

Visit to School  dimaksudkan untuk mensosialisasikan kawasan Cagar Alam (CA) Dolok Saut, mengedukasi pelajar mengenal kawasan hutan dan fungsinya yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan manusia serta mengenalkan jenis satwa dan tumbuhan yang dilindungi di Indonesia dan khususnya di Sumatera, agar generasi muda peduli dan mencintai alam dan lingkungan sekitarnya sedini mungkin.

Adapun rangkaian kegiatan visit to school berupa pemaparan materi oleh narasumber Kepala Resort CA. Dolok Saut, Poltak Rimson Sinaga, tentang Pembagian dan Fungsi Hutan serta Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia. Untuk mengetahui sejauhmana pemahaman para pelajar terhadap apa yang disampaikan oleh narasumber, diberikan pertanyaan-pertanyaan sebagai kuis.

Pemaparan materi kedua berkaitan dengan Pengenalan Satwa dan Tumbuhan Yang Dilindungi di Indonesia dan Sumatera. Para pelajar diperkenalkan beberapa satwa liar yang dilindungi serta pertimbangan penetapan status dilindungi. Dengan pengenalan ini diharapkan pelajar dapat menularkan informasi tersebut ke orangtua maupun teman-temannya. 

 

Penanaman bibit Alpukat oleh Kepala Resort CA. Dolok Saut didamping Kepala SMPN 4 Pangaribuan

Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan hadiah bagi pelajar yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, serta penanaman 4 batang bibit Alpukat (Persea Americana) di lingkungan sekolah. Kepala Sekolah serta perwakilan siswa dan siswi SMP Negeri 4 Pangaribuan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara karena sangat mengedukasi dan menginspirasi dalam menumbuhkan kecintaan terhadap alam dan lingkungan  sedini mungkin.


Sumber : Aris Carno S (Polhut Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.3

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini