Upaya Kecil Berdampak Besar, Meningkatnya Pemberdayaan Perempuan di Tingkat Tapak

Selasa, 11 Juni 2024 BTN Taka Bonerate

Rajuni Bakka - Kepulauan Selayar, 11 Juni 2024. Pemberdayaan perempuan di tingkat desa/tapak memiliki banyak manfaat yang signifikan, baik bagi individu perempuan, keluarga mereka, dan komunitas desa/tapak secara keseluruhan. Beberapa alasan mengapa pemberdayaan perempuan di tingkat desa sangat penting yakni Sebagai upaya peningkatan Kesejahteraan Ekonomi; Pengentasan Kemiskinan; Peningkatan Pendidikan dan Kesehatan; Kesetaraan Gender; Pembangunan Berkelanjutan; Penguatan Sosial dan Komunitas; Peningkatan Partisipasi Politik; Penurunan Angka Kekerasan; dan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Manusia. 

Nah, sama halnya dengan yang dilakukan Balai Taman Nasional Taka Bonerate pemberdayaan/pendampingan beberapa kelompok/komunitas perempuan di dalam kawasan. Giat yang terbaru berasal dari Personil Resort Rajuni Bakka dengan kelompok Gadis Tobajo (Gadis Bajo) bersama mendirikan kedai yang diberi nama Kedai Pasebatang. Kedai didirikan dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar dan bahan hanyut di pantai untuk kemudian digunakan sebagai tempat berkumpul, media beraktivitas kelompok dan bersosialisasi tentunya.


"Kedai ini, adalah kedai portable, bisa pindah-pindah jika ada event atau kegiatan yang ramai di Pulau Tinabo," jelas Andi Irham pendamping lapangan.

Andi Irham menambahkan dari dana modal support teman-teman penyuluh sebesar 1 juta rupiah ditambah dengan modal usaha kedai/kios Rp. 2.284.000,- untung penjualan 3 malam di Pulau Tinabo Rp.825.000,-

"Laba ini akan dikembalikan ke anggota kelompok dan modal akan dioperasikan kembali sebagai usaha bersama," terang Andi Irham.


Dengan usaha kecil di tingkat desa/tapak uni diharapkan masyarakat khususnya perempuan menjadi upaya penguatan sosial dan komunitas, kesetaraan gender, kemandirian dan pengentasan kemiskinan.

Dan secara keseluruhan, pemberdayaan perempuan di tingkat desa/tapak adalah langkah penting menuju pembangunan yang lebih inklusif, adil, dan berkelanjutan. Ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi perempuan tetapi juga bagi seluruh komunitas desa/tapak.

Sumber: Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Sumber Foto : Andi Irham - PEH Pertama

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini