Bupati Jember Dukung Penuh Kolaborasi Pengelolaan Wisata Alam TN Meru Betiri

Jumat, 20 Januari 2023

Jember, 20 Januari 2023. Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto menggelar audiensi bersama dengan Balai Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Kamis siang (19/1/2023), di Pendopo Wahyawibawagraha Jember.

Permintaan audiensi dari BTN Meru Betiri ini berkaitan dengan telah keluarnya persetujuan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait rencana peningkatan akses jalan Andongrejo-Bandealit, melalui surat Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Nomor S.833/KSDAE/RKK/KSA.0/7/2022 tanggal 4 Agustus 2022.

BTN Meru Betiri berharap terciptanya kolaborasi dalam pengelolaan wisata alam terutama di lokasi Pantai Bandealit, hal ini juga diamini oleh Bupati Hendy. "Dalam waktu dekat, kami akan membuat MoU dan perjanjian kerja sama untuk pengelolaan wisata Bandealit," tuturnya.

Ia menjelaskan Pemkab Jember akan mendukung sarana dan prasarana supaya masyarakat bisa berwisata ke Pantai Bandealit yang berada di kawasan TN Meru Betiri. "Sangat istimewa, dan kami akan mensuport akses jalan dan sarana prasarana supaya masyarakat bisa berwisata ke pantai yang berada di Meru Betiri," paparnya.

Bupati berharap, hal tersebut bisa segera terwujud. "Pada 2023 ini, kami berharap jalan yang ada di Meru Betiri bisa mulus semuanya," ungkapnya. Ke depan, bupati mengajak serta mengundang siapapun untuk berwisata di sana. "Namun, dengan satu syarat, yakni tetap menjaga kelestarian hutan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Taman Nasional Beru Betiri Nuryadi, S.Hut, M.P menambahkan bahwa pembangunan wisata alam merupakan salah satu visi misi BTN Meru Betiri untuk membangun ekonomi masyarakat sekitar. "Dengan begitu masyarakat bisa memperoleh hasil dari wisata alam, serta dapat turut serta dalam upaya pelestarian kawasan Taman Nasional Meru Betiri," tuturnya.

Harapannya, pada 2023 ini, akses Taman Nasional Meru Betiri dapat benar-benar rampung. Sebab, dia menyatakan banyak potensi objek daya tarik wisata alam yang menarik di sana. "Ada potensi pantai, potensi hutan sebagai ekowisata, termasuk untuk kegiatan pendidikan dan penelitian juga," kata Nuryadi.

Sejumlah pejabat turut hadir mendampingi Bupati Hendy diantaranya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Jember dr. Hendro Soelistijono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Harry Agustriono, dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Ervan Setiawan.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini