Keberadaan Tumbuhan Kemenyan di CA Martelu Purba

Senin, 14 November 2022

Medan, 14 November 2022. Jenis tumbuhan Kemenyan (Styrax sp.) ditemukan di kawasan Cagar Alam (CA) Martelu Purba dengan kondisi batangnya yang mengeluarkan getah secara alami. Penemuan ini terjadi pada hari Jumat tanggal 11 November 2022 saat dilakukannya kegiatan monitoring satwa siamang di Cagar Alam Martelu Purba oleh Alharis Ruhidi, S.P.,M.Si, Andryono Lumban Gaol, Shofia Putri Nasibah, dan Thoyibah Pohan, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sensus Pohon Cagar Alam Martelu Purba.

Lazimnya bahwa Cagar Alam Martelu Purba seluas 195 hektar dikenali dengan keadaan alamnya yang khas yakni berupa tegakan meranti yang terbangun dari hasil penanaman tahun 1948 hingga 1952, sehingga sering diasosiasikan secara umum bahwa Cagar Alam Martelu Purba adalah cagar alam meranti. Batang Pohon meranti yang tumbuh di cagar alam ini ada yang diameternya sudah melebihi 100 cm. Keberadaan tumbuhan jenis kemenyan sangat jarang terungkap di Cagar Alam Martelu Purba baik dari pembicaraan di masyarakat sekitar kawasan (daerah penyangga) maupun masyarakat pada umumnya. Dunia akademisi juga belum pernah melakukan kegiatan pendidikan dan/atau penelitian tentang tumbuhan jenis kemenyan di Cagar Alam Martelu Purba.

Untuk keperluan identifikasi awal, dibuat petak ukur pengamatan seluas 10 x 10 meter, hasilnya bahwa ditemukan tumbuhan jenis kemenyan sebanyak  11 batang, berdiameter antara 5 – 22 cm dan tinggi total antara 10 – 14 m. Sebanyak 9 batang tumbuhan jenis kemenyan ini didapati dalam keadaan mengeluarkan getah secara alami. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap potensi tumbuhan jenis kemenyan ini di Cagar Alam Martelu Purba. Pada sisi yang lain perlu juga dilakukan penjagaan dan pengawasan keberadaan tumbuhan jenis kemenyan ini khususnya dari gangguan yang dilakukan oleh manusia mengingat nilai ekonomi getah kemenyan cukup tinggi.   

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Universitas Sumatera (USU) tentang Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. PKS. 6/SETJEN/ROCAN/SET.1/5/2022 dan No. 6500.1/UN5.1.R/KPM/2022 tanggal 18 Mei 2022. Oleh karena itu, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Sensus Pohon di Cagar Alam Martelu Purba dengan menggandeng kegiatan magang rimbawan Fakultas Kehutanan USU Program Magang Bersertifikat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari tanggal 12 Oktober 2022 s.d 12 Desember 2022.

Sumber : Alharis Ruhidi, S.P.,M.Si - Analis Konservasi Kawasan BBKSDA Sumut/Kepala Resor Cagar Alam Martelu Purba dan Cagar Alam Batu Gajah/Pendamping Lapangan Magang Bersertifikat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fahutan USU 2022.

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.8

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini