Solidaritas Meringankan Beban Korban Banjir

Senin, 07 November 2022

Beginilah kondisi banjir di Kecamatan Besitang

Besitang, 7 November 2022. Cuaca ekstrim belakangan ini sedang melanda di sebagian daerah di Indonesia, termasuk Sumatera Utara. Banjir pun mengenangi beberapa daerah, diantaranya di Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat. Air setinggi dada menggenangi pemukiman warga, sehingga beberapa diantaranya terpaksa harus mengungsi ke tenda-tenda pengungsian yang disediakan oleh pemerintah daerah beserta jajaran TNI dan kepolisian.

Ikut merasakan penderitaan warga, Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan juga lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC), Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), WCS, VESSWIC, Yayasan Petai dan Yayasan Sumatera Hijau Lestari (YSHL) terpanggil untuk membantu meringankan beban warga yang menjadi korban terdampak banjir dengan memberikan bantuan bahan-bahan kebutuhan  pokok, pada Sabtu 5 November 2022.

Pendistribusian bantuan ke posko penanggulangan bencana

Khusus untuk lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dana solidaritas yang berhasil terkumpul sebesar Rp. 4.340.000,- serta 3 dus pakaian bekas. Bantuan tersebut telah disalurkan  ke 3 posko bencana alam, masing-masing  di Desa Sekoci, Kelurahan Kampung lama dan Kelurahan Bukit Kubu, Kecamatan  Besitang, termasuk juga kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang menjadi korban banjir, yaitu :  Sontana Sembiring (Kepala Resort Aras Napal), Hendra ( TPHL ) dan Danang Dono (TPHL).

Peristiwa banjir yang melanda Kecamatan Besitang ini memberi pelajaran yang penting dan berharga tentang bagaimana membangun solidaritas, bahu membahu dalam menunjukkan rasa  kepedulian  serta berbagi kepada sesama yang membutuhkan akibat dampak dari banjir. Tidak hanya itu saja, banjir juga mengingatkan kembali semua warga untuk peduli dan ikut menjaga lingkungan hidup, karena lingkungan hidup yang terjaga kelestariannya dengan baik tentunya dapat meminimalisir dampak dari banjir.

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut. – Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini