Dukungan Komisi IV DPR RI Dalam Upaya Revitalisasi Danau Situgunung

Jumat, 04 November 2022

Sukabumi, 4 November 2022. Danau Situgunung menjadi salah satu lokasi kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR-RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2022-2023. Rombongan dewan yang berjumlah 4 orang terdiri dari Bapak Ir. T.A. Halid, drh. Slamet, Edward Tannur, S.H., Ibu Vita Ervina, S.E. yang didampingi Sekretaris Dirjen PDASRH Ir. Sri Handayaningsih, M.Sc., Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi Ahmad Munawir, S.Hut., M.Si., Kepala Balai PDAS Citarum Ciliwung Pina Ekalipta, S.Hut., M.P. Rombongan disambut langsung oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP), Sapto Aji Prabowo, S.Hut., M.Si. beserta jajaran.

Diawal kunjungan, Sapto Aji Prabowo menyampaikan beberapa informasi serta capaian program rehabilitasi hutan dan lahan yang telah dilaksanakan di Situgunung berjalan dengan baik.  Namun dalam hal penataan danau, beliau mengakui belum maksimal dikarenakan tidak adanya anggaran yang mendukung hal tersebut. Berlanjut kedalam sesi diskusi, hal utama yang dibahas difokuskan terkait revitalisasi danau Situgunung dimana bentuk pekerjaannya berupa normalisasi dan pengerukan. Sebagai informasi, faktor yang menyebabkan terjadinya pendangkalan salah satunya yaitu adanya tumbuhan sejenis ganggang hijau yang telah hidup diatas danau dalam jangka waktu yang lama. Sehingga apabila dibiarkan hal tersebut akan membuat nilai estetik danau semakin menurun. Gayung bersambut, Komisi IV DPR-RI melalui perwakilan yang hadir dalam lawatan ini pun akan mendorong pihak-pihak terkait dalam mendukung upaya mengembalikan fungsi danau.

Diakhir acara, Kepala BBTNGGP mengucapkan apresiasi atas kunjungan hari ini. Meskipun singkat, harapan besar tentunya terbersit dibenak kita semua semoga yang telah didiskusikan membuahkan hasil berupa solusi untuk revitalisasi fungsi danau seperti sedia kala.

Sumber : Agus Deni - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks dan Foto : Agus Deni, S.Si. @agustdenie

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini