Pesona “Sang Garuda” Terbang Bebas di Langit Situgunung

Kamis, 28 Juli 2022

Situgunung, 27 Juli 2022 - Telah dilakukan pelepasliaran satwa jenis Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) berjenis kelamin jantan dengan nama “Pesona”, pada hari Rabu, 27 Juli 2022, di Resort PTN Situgunung, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Pesona merupakan satwa yang diserahkan oleh Balai Besar KSDA Jakarta kepada Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) melalui Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ) pada tanggal 11 Februari 2021. Pesona telah melalui masa rehabilitasi di PSSEJ selama kurang lebih 17 bulan, dan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan pemantauan dinyatakan telah siap untuk dilepasliarkan.

Senin malam (25/07/2022), Pesona tiba di Resort PTN SItugunung untuk dilakukan habituasi di lokasi pelepasliaran. Pemilihan Resort PTN SItugunung sebagai lokasi pelepasliaran telah melalui kajian oleh Tim Pelepasliaran, dimana karakteristik lokasi pelepasliaran sesuai dengan habitat Elang Jawa yaitu berada di lembah dan terdapat sungai. Di lokasi tersebut juga tidak terdapat sarang eksis Elang Jawa lain, sehingga tidak ada kompetitor bagi satwa yang akan dilepasliarkan.

Pesona ditempatkan di kandang habituasi yang dibangun di lembah sekitar Resto Valley milik PT. Fontis Aquam Vivam. Setelah melalui proses habituasi, Pesona terpantau masih liar dan sehat. Sehingga diputuskan untuk segera dilakukan proses hard release pada tanggal 27 Juli 2022 dan proses pelepasliaran Pesona dilakukan langsung oleh Direktur PT. Fontis Aqua Vivam disertai oleh Plt. Kepala Balai Besar TNGGP dan Plt. Kepala Balai TNGHS.

Elang Jawa merupakan spesies endemik di Pulau Jawa yang status konservasinya saat ini adalah terancam punah (endangered) menurut IUCN Red List. Di Indonesia, satwa ini identik dengan lambing Negara Indonesia, yaitu Burung Garuda. Harapannya dengan dilepasliarkan kembali Pesona ke habitat alaminya, jumlah Elang Jawa di habitat aslinya khususnya di kawasan TNGGP juga dapat bertambah. Pelepasliaran Pesona di kawasan Resort PTN Situgunung yang merupakan resort pengelolaan wisata juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi kepada pengunjung agar lebih peduli lagi terhadap kelestarian satwa liar.

 

Sumber : Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Teks : Enike Ratna Sari, S.Hut dan Asep Suganda

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini