BBKSDA Riau Bersama Mitra Pantau Pergerakan Satwa Gajah

Rabu, 18 Mei 2022

Pekanbaru, 18 Mei 2022 - Mitigasi konflik satwa liar gajah sumatera terus dilakukan Tim Balai Besar KSDA Riau. Seperti yang terjadi pada Rabu, 11 Mei 2022 di Desa Teluk Sungkai, Kec. Kuala Cenaku, Kab. Inhu, kemudian pada Jum'at dan Sabtu, 13 s/d 14 Mei 2022 di Desa Rawa Asri dan Senin, 16 Mei 2022 di Desa Rawa Asri dan Desa Rawa Sekip, Kec. Kuala Cenaku, Kab. Inhu.

Tim Resort Kerumutan Selatan bersama Staf Kesbang Pol Kab. Inhu, petugas Satpol PP Kec. Kuala Cenaku, Bhabinkamtibmas Desa Rawa Asri, Kadus Desa Teluk Sungkai, serta Sekdes Rawa Asri melakukan koordinasi untuk penjagaan, pemantauan pergerakan dan pengecekan gajah sumatera. Banyak keluhan masyarakat terkait keberadaan satwa yang telah +/- 1,5 bulan bertahan di lokasi Sei Jari-jari dan Sei  Batang Cenaku sehingga tanaman yang berada di kebun masyarakat sekitarnya habis dimakan.

Pengecekan juga dilakukan pada tanaman masyarakat yang dirusak dan dimakan satwa gajah sumatera, karena ditemukan sisa makanan berupa pohon sawit, pohon pisang dan singkong yang dimakan satwa. Penyusuran di pinggiran sungai Batang Cenaku dan sungai Jari-jari juga dilakukan dengan menggunakan dua perahu motor untuk memantau pergerakan dan mencari keberadaan satwa tersebut, namun nihil. Tim hanya menemukan jejak-jejak dan kotoran satwa di pinggiran pantai Sei batang Cenaku dan Sei Jari-jari.

Menurut keterangan masyarakat, hampir setiap sore satwa gajah turun mandi di sungai Batang Cenaku yang merupakan habitat buaya muara. Untuk mengetahui  kondisi lapangan yang akurat harus menggunakan drone karena lokasi keberadaan satwa masih berlumpur dan dipenuhi oleh semak belukar serta kebun sawit masyarakat yang sudah menjadi hutan belukar, sehingga sulit bagi Tim untuk melakukan pemantauan dengan berjalan kaki masuk ke dalam lokasi tersebut.

Tim Balai Besar KSDA Riau akan segera merelokasi gajah tersebut ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

[Teks : DI, Foto : Humas BBKSDARIAU | 052022]

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini