Patroli Pasca Penutupan TN Komodo Untuk Cegah Covid-19 Bersama Polaruid

Labuan Bajo, Taman Nasional Komdo, Senin, 18 Mei 2020. Selama berlakunya kebijakan penutupan sementara Taman Nasional Komodo sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran COVID-19, kegiatan patroli pengamanan wisata tetap dilakukan untuk mengawasi aktivitas nelayan yang berada di dalam kawasan. Pada tanggal 12-16 Mei 2020, tim patroli Balai Taman Nasional Komodo bersama dengan mitra (Polairud) melaksanakan kegiatan di perairan Pulau Komodo dan Pulau Padar. Kegiatan patroli ini dilakukan dengan menyisir kawasan perairan dan melakukan pemeriksaan terhadap nelayan-nelayan yang dijumpai. Tim juga melakukan pendataan informasi identitas nelayan, alat tangkap yang digunakan, dan memeriksa hasil tangkapan ikan. Hasil pemeriksaan ini akan digunakan sebagai dasar pertanggungjawaban petugas setelah melaksanakan kegiatan. Langkah preemtif juga dilakukan oleh petugas dalam bentuk sosialisasi kepada nelayan mengenai regulasi dan zonasi di Taman Nasional Komodo.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 (lima) hari ini menggunakan kapal cepat “New7Wonder” milik Balai Taman Nasional Komodo dan menitikberatkan lokus pengamanan pada zona pemanfaatan wisata bahari, namun tidak menutup kemungkinan untuk turut menyisir zona perlindungan bahari serta pemanfaatan tradisional bahari. 

Motivasi petugas dalam melaksanakan kegiatan patroli pengamanan wisata di dalam kawasan adalah demi menjaga integritas ekosistem laut Taman Nasional Komodo, meliputi ekosistem terumbu karang dan padang lamun, serta menjaga kelestarian dan keberadaan biota laut seperti hiu paus (Rhincodon typus), pari manta (Manta birostris), penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan dugong (dugong dugon).

Balai Taman Nasional Komodo memiliki tanggungjawab dalam upaya pelestarian sumber daya alam hayati utamanya satwa komodo (Varanus komodoensis) dan habitatnya serta wilayah perairan sebagai salah satu lokus vitalnya. Bentuk upaya perlindungan dan pengamanan ekosistem kawasan tertuang pada kegiatan rutin yang dibiayai dan diselenggarakan oleh Balai Taman Nasional Komodo. Salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan patroli pengamanan Wisata. 

Kegiatan patroli pengamanan wisata penting untuk dilakukan sebagai bentuk komitmen Balai Taman Nasional Komodo dalam menjaga keutuhan ekosistem kawasan sebagai World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve, dimana keindahan dan keunikan alamnya tidak dapat dijumpai dibelahan dunia lain. Kegiatan patroli pengamanan wisata merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka pengamanan wilayah perairan terkait aktivitas para pelaku wisata (kapal wisata) dan nelayan di dalam kawasan.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penulis: Arif Ardianto Sofian, S.Si. | Penyunting: Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S.

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini