Satuan Karya Pramuka se Sumba Taklukan Puncak Tanadaru

Waingapu, 15 September 2019. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) telah menjadi tuan rumah keempat kalinya dalam rangka joint camp Satuan Karya Pramuka se-Sumba. Acara ini tentu telah ditunggu-tunggu, dan disambut baik oleh para pembina Saka serta seluruh anggota.  Kegiatan ini selain mengundang 5 Gudep dari Kab. Sumba timur dan 3 Gudep dari Kab. Sumba tengah, turut mengundang juga Saka Bhayangkara Sumba Timur dan Sumba Barat, serta Saka Wira Kartika dari Kodim 1601 Sumba Timur dan Kodim 1613 Sumba Barat. Puncak dari kegiatan kali ini adalah menaklukkan Puncak Tanadaru. Puncak Tanah Daru sendiri memiliki tinggi 918 mdpl. Lokasinya berada di Kabupaten Sumba Tengah dan menjadi puncak tertinggi kedua di Pulau Sumba setelah puncak Wanggameti yang berada di Sumba Timur.

Selain pendakian, kegiatan ini juga diselingi berbagai materi seperti pendakian, pemulihan ekosistem berbasis masyarakat dan pengenalan jenis ular. Adapun kegiatan lain berupa pembersihan sampah, dan pembagian bibit pohon ke pengendara yang melintasi blok hutan Tanah Daru.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M., menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap bahwa anggota Pramuka dapat menjadi generasi konservasi yang dapat menyebarkan semangat konservasi kepada masyarakat umum.

Sumber: Balai TN Matalawa

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini