Memantau Aktivitas Sekitar SM Kerumutan

Rabu, 23 November 2022 BBKSDA Riau

Pekanbaru, 21 November 2022 - Resort Kerumutan Selatan, Balai Besar KSDA Riau, melakukan patroli mandiri dan monitoring aktivitas masyarakat di sekitar serta di dalam kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan wilayah selatan, tepatnya di wilayah Desa Rantau Bakung, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Senin (14/11).

Tim berkoordinasi dengan Askep PT. Tesso Indah yang didampingi Kaur Pemerintah Desa Rantau Bakung menggali informasi terkait jalan dan kanal/parit sebagai akses masuk ke kawasan SM Kerumutan. Karena masih ada sebagian masyarakat yang menggunakannya sebagai akses untuk melakukan aktivitas di sekitar dan dalam SM Kerumutan. Patroli bersama juga dilakukan untuk memantau kanal/parit yang rawan illegal logging dari kawasan hutan, namun tidak menemukan aktivitas illegal di sekitar dan di dalam kawasan SM Kerumutan wilayah selatan.

Monitoring juga dilakukan pada aktivitas Kelompok Tani Hutan (KTH) Gambut Bertuah yang berlokasi di sekitar kawasan SM Kerumutan Selatan dengan  tanaman nanas seluas +/- 5 hektar dengan usia tanam +/- 5 s/d 7 bulan. Lokasi tanaman nanas merupakan kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Rantau Bakung yang di kelola oleh masyarakat atas nama KTH Gambut Bertuah. KTH juga diberikan pembinaan dan sosialisasi agar tidak melakukan perambahan dan pembukaan lahan dengan cara dibakar, serta mengajak untuk bersama-sama menjaga kawasan konservasi SM Kerumutan agar tetap lestari.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini