Balai TN. Aketajawe Lolobata Latih SWAT dan Pokdarwis Jadi Pemandu Profesional

Tidore Kepulauan,  20 Oktober 2019. Sejak dimulainya promosi potensi keanekaragaman hayati dan potensi wisata alam di Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) tahun 2015 melalui pameran tingkat nasional, saat ini kunjungan wisatawan meningkat setiap tahunnya. Alasan tersebut mendorong Balai TNAL melakukan pembentukan dan pembinaan kelompok-kelompok wisata alam. Terdapat beberapa kelompok binaan yang telah di bentuk dan diberikan bantuan baik berupa peralatan maupun pelatihan. Kelompok wisata tersebut terdapat di Resort Tayawi dan Resort Ake Jawi. Hal ini dikarenakan kedua resort tersebut merupakan show window bagi ekowisata di TNAL.

Pada tanggal 20 Oktober 2019 Balai TNAL melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pemandu wisata alam. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Suaka Paruh Bengkok, Desa Koli, Kec.Oba Kota Tidore Kepulauan. Tujuan pelatihan adalah memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat untuk menjadi pemandu wisata yang baik dan pengetahuan tentang ekowisata lebih mendalam. Peserta kegiatan adalah kelompok Sanggar Wisata Alam Tayawi (SWAT) dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa Koli yang berjumlah 30 orang.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala SPTN Wil. I Weda, Jumrin Said. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi pertama oleh penyuluh kehutanan M. Arif Setiawan. Materi yang dibawakan adalah kemitraan konservasi. Narasumber pelatihan berasal dari praktisi wisata alam yang juga pemilik dari Weda Reef and Rainforest Resort, Linda Mangimbulude dan Pemandu lokal Desa Koli, Sukardi M Saleh.

Materi yang disampaikan oleh Linda Mangimbulude adalah dasar-dasar pemandu wisata alam sedangkan Sukardi M. Saleh memberikan materi tentang pengembangan diri bagi pemandu wisata alam dan berbagi pengalaman selama menjadi guide di Resort Tayawi sebagai motivasi bagi para peserta.

Setelah pemberian materi, para nara sumber dan peserta diajak mengunjungi Resort Tayawi dan guest house atau Rumah Singgah milik SWAT. Dalam kunjungannya, Linda Mangimbulude pun mengajak masyarakat yang ingin menjadi pemandu untuk belajar di Weda Reef and Rainforest Resort.

Sumber : Nadiya Fasha Fawzi, S.Hut (Calon PEH Pertama)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini